visitaaponce.com

Macron Perkuat Ukraina dapat Mendorong Rusia ke Meja Perundingan

Macron: Perkuat Ukraina dapat Mendorong Rusia ke Meja Perundingan
Presiden Prancis Emmanuel Macron(AFP/ ODD ANDERSEN)

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron mendesak sekutu untuk mengintensifkan dukungan militer untuk Ukraina. Tujuannya guna membantu negara itu melancarkan serangan balasan terhadap Rusia dan mendorong Moskow berunding.

"Sekarang bukan waktunya untuk berdialog dengan Moskow. Kami benar-benar perlu meningkatkan dukungan kami untuk rakyat Ukraina dan tentaranya dan membantu mereka melancarkan serangan balasan, dengan sendirinya dapat memungkinkan negosiasi yang kredibel," kata Macron dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Munich, Jerman, Sabtu (18/2).

Dia mengatakan negara-negara sekutu Kyiv siap untuk konflik berkepanjangan dengan Rusia.

"Ini bukan waktunya untuk berdialog karena kita memiliki Rusia yang telah memilih perang dan semakin mengintensifkan perang ini, pun memilih melakukan kejahatan perang dan menyerang infrastruktur sipil," ungkapnya.

Baca juga: Sekjen NATO Minta Percepat Pengiriman Bantuan ke Ukraina

Macron juga mendesak negara-negara Eropa untuk meningkatkan kemampuan produksi militer. Dia juga menyerukan program investasi pertahanan yang ambisius.

Sementara Mantan Duta Besar Prancis untuk Rusia Jean de Gliniasty mengatakan tidak akan ada pembicaraan damai sebelum pertempuran besar. Kesepakatan antara Kyiv dan Moskow dapat muncul dengan kekuatan Barat mendukung Ukraina dan memastikan siap untuk menghadapi serangan.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengecam perang berbau agresi imperialis Rusia di Ukraina. Menurut dia, aksi Rusia menandai pertama kalinya dalam sejarah bahwa kekuatan nuklir melancarkan perang agresi imperialis di tanah Eropa.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat