visitaaponce.com

Sekjen NATO Minta Percepat Pengiriman Bantuan ke Ukraina

Sekjen NATO Minta Percepat Pengiriman Bantuan ke Ukraina
Kondisi di Bakhmut(YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Negara-negara sekutu Ukraina berpacu dengan waktu untuk menyediakan amunisi, bahan bakar, dan suku cadang guna menggagalkan serangan pasukan Rusia. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mendesak sekutu Barat untuk meningkatkan dukungan militer ke Ukraina.

Ia mengatakan serangan musim semi Rusia akan dimulai. Stoltenberg mengatakan tanda-tanda serangan itu sudah dipertontonkan Rusia seperti di Bakhmut.

"Bagi saya, ini hanya menyoroti pentingnya waktu. Sangat mendesak untuk memberi Ukraina lebih banyak senjata,” katanya.

Stoltenberg mengatakan NATO melihat tidak melihat tanda bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin berkenan membuat perdamaian di Ukraina. "Jelas bahwa kita berada dalam perlombaan logistik. Kemampuan utama seperti amunisi, bahan bakar, dan suku cadang harus mencapai Ukraina sebelum Rusia dapat mengambil inisiatif di medan perang. Kecepatan akan menyelamatkan nyawa, ”katanya.

Anggota NATO dan sekutu Ukraina lainnya bertemu di markas aliansi itu untuk mengumpulkan lebih banyak senjata dan amunisi untuk negara yang dilanda perang itu. Pada Rabu (15/1), mereka akan membahas pertahanan NATO di sisi timurnya, dekat dengan Rusia.

Langkah untuk meningkatkan anggaran militer juga masuk dalam agenda. Bakhmut di timur Ukraina diserang artileri berat Rusia pada Senin (13/2), saat pasukan Ukraina bersiap untuk mengantisipasi serangan darat.

Posisi di Bakhmut telah dibentengi dan hanya orang-orang dengan peran militer yang diizinkan masuk, kata seorang wakil komandan batalion. Warga sipil mana pun yang masih ingin meninggalkan kota harus berani menghadapi tembakan.

Bakhmut, di wilayah Donetsk, adalah tujuan utama Putin dan penembakan Rusia selama berbulan-bulan telah meninggalkan reruntuhan. “Kota, pinggiran kota, seluruh perimeter, dan pada dasarnya seluruh arah Bakhmut dan Kostyantynivka berada di bawah penembakan gila dan kacau,” kata Wakil Komandan Batalion Soboda Ukraina Volodymyr Nazarenko.

Nazarenko mengatakan tidak ada pertempuran yang terjadi di pusat kota saat ini. “Kota adalah benteng, setiap posisi dan setiap jalan di sana, hampir setiap bangunan, adalah benteng,” katanya.

Penguasaan Bakhmut akan memberi Putin pijakan baru di wilayah Donetsk dan kemenangan langka setelah beberapa bulan mengalami kemunduran. Serangan Rusia dipelopori oleh tentara bayaran dari Grup Wagner.

Wilayah Donetsk dan Luhansk membentuk Donbas, pusat industri Ukraina. Rusia sebagian menempatinya dan ingin memenangkan kendali penuh. "Kami menunggu mereka untuk memulai serangan besar-besaran sepanjang waktu," kata Gubernur Luhansk Serhiy Haidai.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan hal utama dalam agenda pembicaraan di markas NATO adalah pertahanan udara, pembentukan koalisi tank, pelatihan pasukan dan dukungan logistik. Saat serangan baru Rusia meningkat, Ukraina mengatakan perlu jet tempur dan rudal jarak jauh untuk melawan ini dan untuk merebut kembali wilayah yang hilang. (Aljazeera/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat