visitaaponce.com

Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Sosial Perbaikan 245 RTLH

Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Sosial Perbaikan 245 RTLH
Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan sosial untuk perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 245 unit. (MI/Djoko)

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Klaten tahun ini menyalurkan 245 unit bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH).

Bantuan sosial perbaikan RTLH secara simbolis diserahkan Bupati Sri Mulyani di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (30/5). Acara sosialisasi dan penyerahan batuan sosial tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah Jajang Prihono.

Kepala Disperakim Kabupaten Klaten Muh Anwar Shodiq, melaporkan jumlah RTLH sampai akhir 2023 sekitar 10.000 unit. Pada tahun ini, sebanyak 245 RTLH di 89 desa di 26 kecamatan yang mendapat bantuan perbaikan.

Baca juga : Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

Bantuan sosial perbaikan RTLH kepada individu anggota masyarakat tersebut, diberikan setelah melalui verifikasi dan validasi dengan nilai Rp12 juta per unit. Mekanisme penyaluran melalui transfer ke rekening penerima bantuan.

"Bantuan perbaikan RTLH Rp12 juta itu untuk belanja material bahan bangunan Rp10 juta, BOP Rp150.000, dan upah tukang Rp1,850 juta," papar Kepala Disperakim Anwar Shodiq di depan para penerima bantuan sosial tersebut.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, pemenuhan kebutuhan tempat tinggal yang layak menjadi salah satu target pencapaian program pemerintah. Pun, Pemkab Klaten setiap tahun menargetkan perbaikan 1.000 RTLH.

Baca juga : Jemaah Calon Haji Kabupaten Klaten Pamit ke Bupati

Sesungguhnya, bantuan rehab RTLH bersifat stimulan. Artinya, ajakan merehab rumah itu lebih mengedepankan kemampuan swadaya masyarakat yang didukung modal sosial setempat agar berpartisipasi mendorong kesejahteraan rakyat.

Bupati berharap program pemugaran RTLH dapat terus berlanjut. Keberlanjutan program ini tidak saja sejalan dengan program nasional, namun juga selaras dengan upaya pengentasan keluarga prasejahtera yang ada di Kabupaten Klaten.

"Walaupun program RTLH belum bisa menjangkau seluruh masyarakat yang membutuhkan, tapi upaya yang telah kita laksanakan ini menjadi bukti bahwa pemerintah tidak tinggal diam untuk menyejahterakan rakyat. Sekarang, sebanyak 245 warga yang menerima bantuan RTLH," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat