visitaaponce.com

AS Minta Ekstradisi Putra Gembong Narkoba Meksiko

AS Minta Ekstradisi Putra Gembong Narkoba Meksiko
Joaquin "El Chapo" Guzman(ALFREDO ESTRELLA / AFP)

Juru bicara pemerintah Meksiko menyampaikan Amerika Serikat (AS) telah meminta Meksiko untuk mengekstradisi seorang putra dari gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman yang dipenjara karena dituduh mengikuti jejak ayahnya.

Ovidio Guzman, yang ditangkap pada Januari, diduga telah membantu menjalankan kartel Sinaloa yang terkenal milik ayahnya sejak El Chapo diserahkan ke Amerika Serikat pada tahun 2017.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Mexico City mengajukan permintaan ekstradisi kepada kementerian luar negeri dan kejaksaan agung, menurut juru bicara tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya karena tidak berwenang untuk berbicara mengenai masalah ini.

Amerika Serikat telah menawarkan hadiah hingga US$5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan pria berusia 32 tahun itu, dan penangkapannya di kota barat laut Culiacan sehingga memicu reaksi keras dari kartel.

Sepuluh tentara dan 19 tersangka penjahat terbunuh dalam operasi di kubu kartel Sinaloa, dalam baku tembak yang dramatis yang menebarkan teror di bandara.

El Chapo sedang menjalani hukuman seumur hidup di Amerika Serikat karena menyelundupkan ratusan ton narkoba ke negara tersebut selama 25 tahun.

Ovidio Guzman mendapatkan perintah pengadilan pada bulan Januari yang menghalangi ekstradisinya ke Amerika Serikat, dan hakim memberi waktu hingga 5 Maret kepada Amerika Serikat untuk mengajukan permintaan ekstradisi.

Ovidio Guzman dituduh membantu mengawasi hampir selusin laboratorium metamfetamin di Sinaloa serta bersekongkol untuk mendistribusikan kokain dan ganja, menurut Washington.

Dia juga diduga memerintahkan pembunuhan informan, seorang pedagang narkoba dan seorang penyanyi Meksiko yang menolak untuk tampil di pesta pernikahannya.

Dia pernah ditangkap secara singkat pada tahun 2019, tetapi pasukan keamanan membebaskannya setelah kartelnya melancarkan perang habis-habisan sebagai tanggapan. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat