visitaaponce.com

Dampak Brexit, Inggris Alami Krisis Pangan

Dampak Brexit, Inggris Alami Krisis Pangan
Warga Inggris berbelanja di supermarket(AFP/DANIEL LEAL)

SUPERMARKET Inggris membatasi pembelian buah dan sayuran. Situasi ini diprediksi akan berlanjut untuk beberapa waktu ke depan dan dikhawatirkan akan menyebabkan kenaikan harga.

Sebagian besar pejabat Inggris mengatakan cuaca buruk dan kenaikan harga energi sebagai penyebabnya. Beberapa pengamat menuding penyebabnya karena keputusan Inggris keluar dari Eropa (Eropa).

Inggris mengalami kekurangan beberapa buah dan sayuran, beberapa supermarket terpaksa membatasi pembelian kedua produk itu. Beberapa hanya mengizinkan tiga buah seperti tomat, paprika, dan mentimun per orang.

Pemerintah Inggris menyalahkan penyebabnya pada kondisi cuaca ekstrem di Spanyol dan Afrika Utara, sebagai importir buah dan sayur. Konsorsium Ritel Inggris (BRC), asosiasi perdagangan yang mewakili pengecer Inggris, mengatakan, kekurangan diperkirakan akan berlangsung selama beberapa minggu hingga musim tanam Inggris dimulai pada musim semi, memberi toko sumber pasokan alternatif.

Menteri Lingkungan Therese Coffey menimbulkan kegemparan dengan menyarankan warga Inggris harus makan lebih sedikit tomat dan lebih banyak lobak. Sementara banyak yang mengatakan kondisi cuaca buruk dan kenaikan harga energi harus disalahkan, yang lain menuding pemerintah Inggris dan Brexit.

Cuaca yang sangat dingin di Spanyol, banjir di Maroko dan badai yang sangat mengganggu pengangkutan barang hanya beberapa alasan mengapa Inggris mengalami kekurangan buah dan sayuran.

Selama musim dingin, Inggris mengimpor sekitar 95% tomat dan 90% selada dari Spanyol dan Afrika Utara. Namun, Inggris juga mengalami kondisi cuaca ekstrem.

Gelombang panas awal tahun ini menyebabkan rekor musim panas terpanas keempat, dengan suhu melebihi 40 derajat celcius untuk pertama kalinya. Pada Desember, negara itu dilanda serangkaian cuaca beku yang parah dan berkepanjangan.

Hal ini mempersulit Inggris untuk bergantung pada produsen lokal atau bahkan di Belanda, salah satu mitra perdagangan makanan utamanya. Karena kenaikan harga listrik, petani di kedua negara terpaksa mengurangi penggunaan rumah kaca mereka dan memusatkan upaya mereka pada tanaman musim dingin.

Krisis Energi

Setelah perang di Ukraina, Belanda terpukul keras oleh krisis energi. Energi 200% lebih mahal pada September dibandingkan bulan yang sama tahun lalu dibandingkan dengan 151% di bulan Agustus, ungkap laporan Statistik Belanda pada Oktober.

Belanda, yang merupakan ekonomi terbesar kelima di Uni Eropa (UE), sedang mencoba mengakhiri ketergantungannya pada gas Rusia dan sekarang memiliki salah satu tingkat inflasi tertinggi di Eropa, pada satu titik melampaui 17%.

Kepala Eksekutif Nationwide Produce O'Malley, salah satu produsen makanan segar terbesar di Inggris, mengatakan, kelangkaan buah dan sayur dapat menyebabkan kenaikan harga dalam beberapa minggu mendatang.

Pengecer Inggris harus mencari sumber pasokan alternatif dan bergantung pada tanaman yang diproduksi secara lokal. Serikat Petani Nasional, serikat petani utama negara itu, telah meminta rencana dukungan pemerintah yang ditujukan untuk produsen.

Baca juga: Warga UE yang Cari Pekerjaan di Inggris Turun 36% sejak Brexit

Rachael Flaszczak, pemilik kafe di dekat Manchester, mengatakan, dia kesulitan mendapatkan telur, tomat, bayam, dan roket.

"Kami pergi ke supermarket untuk mencoba dan mendapatkan stok kami untuk hari berikutnya dan kami hanya melihat peti kosong yang terbalik. Tidak ada kekurangan di sana (di Uni Eropa) jadi pasti ada hubungannya dengan Brexit," tuturnya.

Serikat petani mengatakan aturan Brexit adalah salah satu alasan Inggris saat ini mengalami krisis kebutuhan pokok. Wakil Presiden Serikat Pekerja, Tom Bradshaw, mengatakan kekurangan tersebut mungkin merupakan konsekuensi tidak langsung dari keputusan Inggris untuk meninggalkan UE.

"Sangat menarik bahwa sebelum Brexit kami tidak menggunakan apa pun atau sangat sedikit dari Maroko. Tapi kami terpaksa melangkah lebih jauh dan sekarang guncangan iklim yang semakin umum ini berdampak nyata pada keterbatasan makanan yang tersedia di rak kami hari ini," ungkapnya.

Justin King, mantan CEO Sainsbury's, jaringan supermarket terbesar kedua di Inggris Raya, mengatakan sektor supermarket telah sangat terpengaruh oleh Brexit. Orang-orang Eropa Kontinental di media sosial telah membagikan foto-foto rak supermarket mereka yang lengkap untuk mengungkap realitas kekurangan pangan baru-baru ini di Inggris.(AFP/OL-5 )

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat