visitaaponce.com

Angklung dan Busana Tradisional Indonesia Pukau Rakyat Sudan

Angklung dan Busana Tradisional Indonesia Pukau Rakyat Sudan
Festival Asian Women’s Day 2023 di Sudan(Ist)

PENAMPILAN  angklung dan peragaan busana tradisional Indonesia yang berlangsung meriah pada Festival Asian Women’s Day 2023 di Sudan memukau perhatian tamu undangan dan pengunjung yang memadati Queen’s Hall, International Park, Khartoum pada Sabtu (18/3).

Festival budaya dalam rangka Asian Women’s Day (AWD) adalah program kegiatan tahunan Council for International People’s Friendship (CIPF) Sudan. Itu dengan bekerja sama dengan Perwakilan dari negara-negara Asia yang menampilkan seni budaya, fashion show, produk kerajinan dan kuliner.

Duta Besar Indonesia untuk Sudan Sunarko mengungkapkan partisipasi KBRI Khartoum pada AWD 2023 mempromosikan kekayaan dan keragaman seni budaya dan kuliner Indonesia, juga mendorong Pengarusutamaan Gender (PUG). Pihaknya juga mengikutsertakan peran dan partisipasi aktif mahasiswi Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Puteri Indonesia (PPPI) Sudan.

Baca juga : Bertemu Sanggar Angklung, Pemkot Jakarta Selatan Dukung Para Pelaku Seni  

"Sebagai penampilan pembuka, Indonesia memperkenalkan keindahan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah, diantaranya Bali, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, serta kostum eksotik Burung Garuda dan Burung Merak," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (19/3).

Menurut dia, hadirin semakin antusias menyaksikan penampilan alunan musik tradisional angklung yang memainkan lagu Sudaniah atau perempuan Sudan yang menceritakan karakter perempuan Sudan yaitu tangguh, kreatif dan inovatif. Bahkan sebagian hadirin, ikut menari dan menyanyi mengikuti irama musik angklung.

Baca juga : KBRI Khartoum Luncurkan Penerbitan Paspor Masa Berlaku 10 Tahun

Selain itu, lanjut dia, stand pameran kerajinan tradisional Indonesia juga menjadi pusat perhatian dengan banyaknya pengunjung yang berfoto dan memakai pakaian tradisional Indonesia. 

"tak kalah menarik, sajian kuliner Indonesia, sate ayam bumbu kacang khas Madura ditambah Pisang Ijo khas Makassar ludes habis dinikmati para pengunjung stand kuliner Indonesia," pungkasnya.

Kegiatan AWD 2023 terdiri dari gelar budaya, peragaan pakaian tradisional, pameran kerajinan tangan, pameran kuliner yang diikuti perwakilan dari negara-negara Asia di Sudan, antara lain Indonesia, Tiongkok, India, Jepang, Bangladesh dan Korea Selatan. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat