visitaaponce.com

Bertemu Sanggar Angklung, Pemkot Jakarta Selatan Dukung Para Pelaku Seni

Bertemu Sanggar Angklung, Pemkot Jakarta Selatan Dukung Para Pelaku Seni  
Kepala Sudin Jakarta Selatan, Puspla Dirjaya, melakukan kunjungan ke Sanggar Angklung Gumati Nusantara di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.(Ist)

KEPALA Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Adminisratif Jakarta Selatan, Puspla Dirdjaja baru-baru ini melakukan kunjungan ke Sanggar Angklung Gumati Nusantara yang beraktivitas di Point Square Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel).

Kunjungan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan dan dukungan kepada pelaku seni binaan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administratif Jaksel.

Para pelaku seni yang didominasi oleh kalangan ibu ini aktif dalam kesenian angklung dan sudah tampil di berbagai acara dan kegiatan seremonial,

Saat menerima kunjungan Kepala Sudin Kebudayaan Pemkot Jaksel, Humas Angklung Gumati Nusantara (ANGGUN) Effy Kuswita mengatakan sanggarnya kerap diundang untuk mengisi berbagai acara.

Baca juga: Art Jakarta Gardens, Perpaduan Seni, Ekologi, dan Teknologi

Dalam keterangan pers, Sabtu (11/3), Kepala Sudin Kota Adm Jaksel sangat mengapresiasi aktivitas Sanggar Angklung Gumati Nusantar.

"Semangat budaya yang diusung oleh sanggar ini yang memberikan dampak positif bagi pelestarian budaya bangsa," kata Puspla.

Baca juga: Wayang Worlds, Menyatukan Bangsa dan Budaya lewat Seni Pertunjukan

Angklung Gumati Nusantara  terbentuk tanggal 7 Oktober 2021, diprakasai lima orang yang sudah bermain angklung dari tahun 2015.

"Gianti Sastrawinata, Rena Lubron, Mira Sihhati, Unty Wieland, dan Bambang Agustomo yang sudah malang melintang bermain angklung dalam dan luar negeri,"  kata Unty Wieland, HRD ANGGUN.

Baca juga: Milenial Belajar Angklung Bersama Srikandi Ganjar Jawa Barat

Ketua Angklung Gumati Nusantara (ANGGUN) Gianti Sastrawinata  mengatakan visi misi dari grup Angklung Gumati Nusantara adalah untuk melestarikan kesenian musik Nusantara khsusunya seni angklung.

"Selain itu tujuan dari bermain angklung ini supaya badan tetap sehat, bahagia juga untuk melatih otak, gerak, refleks guna mencegah  pikun, karena rata-rata anggota sudah berusia senior," katanya.

"Sampai Maret 2023 ini anggota kami sudah 60 orang," tambah Gianti. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat