visitaaponce.com

Mitsotakis Pastikan Yunani akan Gelar Pemilu pada Mei

Mitsotakis Pastikan Yunani akan Gelar Pemilu pada Mei
Warga Yunani menggelar demonstrasi antipemerintah terkait kecelakaan kereta api dan menjelang pemilu di negara Eropa itu.(AFP/Louisa GOULIAMAKI)

PERDANA Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis memastikan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) akan dilaksanakan pada Mei tahun ini. Pihaknya sempat membatalkan rencana pelaksanaan gelaran tersebut yang dijadwalkan April akibat tabrakan kereta api.

Rencana penyelanggaraan Pemilu Yunani terganggu oleh kecelakaan kereta api yang menewaskan 57 orang. Pemerintah Yunani pun sempat menunda pelaksanaan pemilu.

Rakyat Yunani yang kecewa dengan kecelakaan tersebut mendesak pemilu tidak diundur. Atas desakan itu, Mitsotakis pun mengumumkan bahwa pelaksanaan pemilu akan sudah diputuskan akan digelar pada Mei.

Baca juga: Tabrakan Kereta Picu Ancaman Mogok Massal di Yunani

"Saya dapat memberi tahu Anda dengan pasti bahwa pemilihan akan dilakukan pada Mei," katanya dalam wawancara dengan saluran TV Alpha, Selasa (21/3).

Tabrakan antara kereta api bulan lalu, selain memicu sejumlah aksi protes yang berakhir dengan bentrokan demonstran dengan polisi, juga menggerus kepercayaan publik terhadap rezim Mitsotakis.

Baca juga: PM Yunani Minta Maaf Atas Tragedi Tabrakan Maut Kereta Api yang Menewaskan 57 Orang

Menteri transportasi Yunani, usai tragedi itu, mengundurkan diri. Kasus ini baru menyeret satu orang dengan ancaman hukuman seumur hidup. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat