visitaaponce.com

Jerman Tambah Bantuan Militer 12 miliar ke Ukraina

Jerman Tambah Bantuan Militer €12 miliar ke Ukraina
Tank Leopard tengah dioperasikan di area latihan militer Jerman.(AFP/Ronny Hartmann)

Pemerintah Jerman menyetujui rencana pengiriman tambahan bantuan militer sebesar €12 miliar kepada Ukraina. Dana tambahan tersebut mencakup €3,2 miliar yang akan dicairkan pada 2023 dan jalur kredit untuk periode antara 2024 dan 2032 sebesar €8,8 miliar.

"Dengan dana tersebut, Ukraina dapat langsung membeli persenjataan dengan dukungan pemerintah Jerman,” ujar politisi yang mewakili pemerintah koalisi di komite anggaran Bundestag Jerman dalam sebuah pernyataan, Kamis (30/3).

Sebelumnya Jerman dan Inggris telah mengirimkan paket berupa tank tempur Leopard dan Challenger ke Ukraina. Pengiriman itu dilakukan sebagai sebagai upaya memberikan dukungan darat yang sangat dibutuhkan. Pasalnya pasukan Rusia terus melakukan serangan di Ukraina bagian timur.

Baca juga: Spanyol akan Kirim Enam Tank Leopard ke Ukraina

Tank Leopard dan Challenger dijanjikan untuk dikirim ke Kyiv pada awal tahun ini. Kendaraan tempur itu tiba pada Senin (27/3) lalu.

Selain Jerman, Spanyol juga akan mengirimkan enam armada Tank Leopard 2A4 ke Ukraina.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles mengatakan keenam armada tank tersebut akan dikirim setelah liburan Paskah 9 April untuk mendukung upaya Kyiv melawan invasi Rusia. (Z-11)

Baca juga: Zelensky Mati-Matian Pertahankan Bakhmut Agar tidak Bisa Dijadikan Sandera oleh Rusia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat