visitaaponce.com

Joe Biden Kunjungi Reruntuhan Tornado di Mississippi

Joe Biden Kunjungi Reruntuhan Tornado di Mississippi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berpidato di depan reruntuhan rumah yang hancur akibat badai di Mississippi.(AFP/MANDEL NGAN)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengunjungi puing-puing badai besar yang menghantam Mississippi pada minggu lalu. Saat ini sebagian besar wilayah AS bersiap menghadapi cuaca yang lebih ekstrem, termasuk tornado dan badai petir yang parah.

Berbicara dari komunitas Mississippi yang terkena dampak badai, Rolling Fork, Biden mengatakan bahwa pemerintah akan menanggung selama 30 hari seluruh biaya tindakan darurat negara bagian dalam menanggapi badai.

"Hanya 3 menit, dalam 3 menit lingkungan ini pada dasarnya lenyap. Semuanya lenyap," kata Biden di depan sebuah bangunan yang hancur di Rolling Fork, sebuah kota dengan sekitar 1.900 penduduk di bagian barat Mississippi, tempat 13 orang tewas.

Baca juga: Ancaman Badai Susulan Dikhawatirkan Terjadi setelah Tornado Mississippi

"Tiga ratus rumah dan bisnis tidak lebih dari tumpukan material yang dipilin," katanya.

"Bercampur dengan barang-barang pribadi yang sangat berarti. Boneka Teddy Bear, album keluarga, pakaian, piring, dan barang-barang kebutuhan hidup semuanya hilang,” tambahnya.

Biden mengumumkan keadaan darurat di Mississippi pada Minggu (26/3) dan memerintahkan dikirimkannya bantuan untuk melengkapi upaya pemulihan di daerah-daerah yang terkena dampak.

Baca juga: Tornado Hantam Mississippi, Sedikitnya 23 Orang Tewas

Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membantu warga membangun kembali rumah mereka dan mengakses perumahan sementara.

"Apa yang telah hilang tidak dapat dipulihkan,” kata Wali Kota Rolling Fork Eldridge Walker saat Biden berkunjung.

"Namun kami yakin bahwa masyarakat Rolling Fork adalah masyarakat yang tangguh dan kami akan membuat komunitas ini menjadi lebih besar dan lebih baik,” pungkasnya. (Aljazeera/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat