visitaaponce.com

Rudal Rusia Hantam Museum Ukraina, Zelensky Barbar

Rudal Rusia Hantam Museum Ukraina, Zelensky: Barbar!
Polisi Ukraina berdiri di depan sebuah museum di Kota Kupiansk, Kharkiv yang hancur dihantam rudal Rusia.(AFP/SERGEY BOBOK)

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky, Selasa (25/4), menuding Rusia berhsauah menghapuskan sejarah dan budaya Ukraina setelah sebuah rudal menghantam sebuah museum, menewaskan dua orang dan melukai 10 orang lainnya.

Zelensky melaporkan serangan itu menghantam sebuah museum sejarah di Kupiansk, kota yang berada dekat garis depan di timur laut Ukraina.

"Rusia membunuh dua perempuan dengan serangan mereka. Sepuluh orang lainnya terluka. Mereka telah mendapatkan perawatan yang diperlukan," ungkap Zelensky.

Baca juga: Sekutu Ukraina Kecam Rusia dalam Pertemuan Dewan Keamanan PBB

Sebelumnya, Zelensky menuding Rusia menggunakan cara-cara barbar untuk membunuh warga Ukraina.

 

"Mereka melakukan segala hal untuk menghancurkan kami sepenuhnya. Mereka ingin menghapus, sejarah, budaya, dan bangsa kami," seru Zelensky.

Presiden Ukraina itu kemudian mengunggah video di Telegram yang menampilkan orang berseragam militer berjalan di antara reruntuhan bangunan.

Baca juga: Rusia Kembali Kuasai Tiga Distrik di Bakhmut

Dalam video itu, Zelensky mengklaim Rusia telah menghancurkan total 60 museum dan galeri seni.

Pasukan Ukraina berhasil merebut kembali Kupiansk, September lalu.

Seiring ketakutan Rusia akan berusaha merebut kembali kota itu, Zelensky telah meminta warga sipil untuk mengungsi sejak awal Maret lalu. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat