visitaaponce.com

Ukraina Bantah Targetkan Nyawa Putin

Ukraina Bantah Targetkan Nyawa Putin
Seorang tentara Ukraina tengah melihat tangkapan kamera dari pesawat drone di Donetsk.(AFP/DIMITAR DILKOFF)

RUSIA menuduh Ukraina mencoba melakukan serangan kepada Vladimir Putin dengan pesawat tak berawak pada Rabu (3/5).

Tuduhan Rusia tersebut paling dramatis yang dilontarkan Moskow terhadap Kyiv sejak perang terhadap tetangganya dimulai. Dilaporkan oleh beberapa kantor berita. Putin tidak berada di gedung tersebut saat pesawat tanpa awak Ukraina melancarkan serangan.

Rusia mengklaim aksi tersebut tidak menimbulkan kerusakan di Kremlin. “Kremlin telah menilai tindakan ini sebagai tindakan teroris yang direncanakan dan upaya pembunuhan terhadap Presiden pada malam Hari Kemenangan, Parade 9 Mei,” lapor outlet berita negara RIA.

Baca juga: Vatikan Ingin Damaikan Rusia dengan Ukraina

Putin tidak mengubah jadwalnya dan bekerja di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow. Moskow telah berjanji pawai alat pertahanan akan terus berlanjut, di tengah seruan untuk reaksi keras terhadap Ukraina. Mantan Presiden Dmitry Medvedev menyerukan pembunuhan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

“Kami akan menuntut penggunaan senjata yang mampu menghentikan dan menghancurkan rezim teroris Kyiv,” kata Vyacheslav Volodin, juru bicara Duma Rusia dan sekutu Putin.

Komite Investigasi Rusia, yang menyelidiki kejahatan besar, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah membuka kasus pidana terorisme. Zelensky membantah tuduhan itu, mengatakan negaranya tidak menyerang Moskow atau presidennya.

Baca juga: Xi Bahas Perdamaian di Ukraina dengan Zelensky

“Kami tidak menyerang Putin, atau Moskow, kami berperang di wilayah kami,” kata Zelensky dalam konferensi pers di Helsinki, Finlandia.

Pejabat senior kepresidenan Ukraina Mykhailo Podolyak juga mengatakan bahwa Kyiv tidak ada hubungannya dengan dugaan insiden tersebut. (Aljazeera/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat