visitaaponce.com

Ini Perbedaan Gelar Ratu Camilla dan Pangeran Philip

Ini Perbedaan Gelar Ratu Camilla dan Pangeran Philip
Ratu Inggris Camilla(AFP)

RAJA Charles III mungkin menjadi pusat penobatan kerajaan. Di hari yang sama juga menjadi hari yang penting bagi istrinya, Camilla. Sebelumnya, Camilla menjalani prosedur seremonial yang mirip dengan Charles untuk diberikan gelar permaisuri. 

Jadi mengapa Camilla mendapatkan gelar Ratu? Mengapa Pangeran Philip tidak pernah dinobatkan sebagai Raja? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Mengapa gelar Camilla sekarang Ratu?

Baca juga: Pangeran Harry Pergi Tinggalkan Raja Charles III

Secara historis, istri dari raja Inggris yang duduk telah mengambil gelar Ratu. Yang terbaru, ibu Ratu Elizabeth II, Ratu Elizabeth, yang menikah dengan Raja George VI.

Namun bagi Camilla, ada beberapa kontroversi karena dia bukan istri pertama Charles. Dia dianugerahi gelar Permaisuri oleh mendiang Ratu Elizabeth II pada Februari tahun lalu selama Platinum Jubilee. Namun, gelarnya pertama kali muncul sebagai Ratu Camilla saat undangan penobatan dikirimkan.

Baca juga: Potret Keluarga Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

Seorang sumber kerajaan mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Masuk akal untuk menyebut Yang Mulia sebagai Permaisuri pada bulan-bulan awal pemerintahan Yang Mulia, untuk membedakan dari Yang Mulia Ratu Elizabeth II."

"Penobatan adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan 'Ratu Camilla' dalam kapasitas resmi," kata sumber kerajaan tersebut. "Semua mantan Permaisuri telah dikenal sebagai 'Ratu' ditambah nama depan mereka."

Ratu Camilla menjadi ratu sekarang, tapi tidak dengan cara yang sama seperti Ratu Elizabeth II. Dia masih tetap menjadi Permaisuri karena dia menikah dengan Raja Charles III. Jika, seperti Elizabeth yang memerintah dengan haknya sendiri, dia akan menjadi Ratu Regnant. Permaisuri sebelumnya juga telah menghapus bagian Permaisuri dari gelar tersebut.

Diketahui, Charles menikahi Diana Spencer, yang menjadi Putri Diana, pada1981. Sementara, Camilla menikah dengan Andrew Parker Bowles tahun 1973 tetapi bercerai pada 1995, tak lama setelah Charles memberikan wawancara televisi yang meledak-ledak mengakui berselingkuh dengan Camilla. Setahun kemudian, Charles dan Diana bercerai.

Pada 1997, Diana meninggal dalam kecelakaan mobil. Camilla dan Charles menunggu hingga 2005 untuk menikah dalam upacara sipil pribadi. Pada saat itu, pihak istana menyebutnya sebagai Permaisuri Putri.

Camilla memiliki dua anak dengan Andrew Parker Bowles yakni Tom Parker Bowles dan Laura Lopes, tetapi tidak memiliki anak dengan Charles.

Mengapa urapan Camilla berbeda dengan urapan Charles?

Seperti Raja Charles, Camilla juga diurapi selama penobatan, tetapi tidak seperti Charles, atau Permaisuri sebelumnya, pengurapannya terlihat di depan umum.

Istana Buckingham menggambarkan perubahan dari tradisi sebagai, "Hanya satu dari sejumlah cara di mana layanan telah diadaptasi, dikembangkan, disederhanakan tanpa kehilangan keajaiban dan keagungannya."

Hal ini juga berubah dalam upacara, dia hanya menyentuh Tongkat Permaisuri gading dengan Dove, dan Tongkat Permaisuri emas dengan Salib, bukan memegangnya. Dia dimahkotai dengan Queen Mary's Crown sebelum paduan suara menyanyikan lagu baru, Make a Joyful Noise, yang disusun Sir Andrew Lloyd Webber.

Mengapa Pangeran Philip tidak pernah menjadi permaisuri raja?

Berbeda dengan perempuan kerajaan, para suami di monarki belum mengambil gelar raja. Ini karena dua alasan, secara tradisional, gelar raja hanya dapat diwariskan dan raja selalu mengungguli ratu.

Ketika Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth II pada 1947, dia diberi gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron Greenwich. Tidak seperti Camilla, dia tidak dimahkotai pada penobatan pasangannya pada 1953. Sebaliknya, ia secara resmi dijadikan Pangeran oleh Ratu Elizabeth sebagaimana dinyatakan dalam surat paten baru, pada 1957. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat