visitaaponce.com

Visit Year Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle 2023-2025 Diluncurkan

Visit Year Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle 2023-2025 Diluncurkan
Presiden Joko Widodo saat memimpin KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5).(Kemenparekraf)

PEMERINTAH meluncurkan program Visit Year Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) 2023-2025 sebagai subregion  ASEAN, yang diharapkan bisa melibatkan 10 provinsi yang ada di Sumatra serta Thailand Selatan dan Malaysia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini, kerja sama IMT-GT mampu meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan di sektor pariwisata bagi tiga negara.  

"Dengan tiga isu utama pertama hilirisasi industri termasuk industri pariwisata, juga penguat konektivitas sehingga targetnya bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Sandiaga saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-15 di Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5)

Baca juga : Wujudkan Konektivitas ASEAN, Ini Tantangan yang Dihadapi IMT-GT Ke Depan

Ia menerangkan, ketiga negara berada dalam posisi berdekatan baik secara geografis maupun kultur. Hal ini yang dinilai menjadi salah satu kekuatan.

"Target awal 60 juta wisatawan bisa kita raih dengan kunjungan tahunan ini dan ada potensi tambahan devisa US$75 miliar dDan Indonesia diminta menjadi pemimpin dalam kunjungan ini," kata Sandiaga.

Baca juga : Dua Kunci Asean Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Sandiaga menjelaskan akan memulai dengan menginisiasi langsung program tersebut pada pekan ini di Bangka Belitung dan Sumatra Selatan. Setelah itu kami akan datang ke-10 provinsi yang ada di Sumatra termasuk kegiatan di Malaysia dan Thailand.

"Juga konektivitas antara Batam-Bintan dengan Malaysia-Johor dan beberapa destinasi lainnya untuk meningkatkan konektivitas dari ketiga negara," bebernya.

Sandiaga melanjutkan, pihaknya akan menggelar acara KTT pengusaha sedunia atau world entrepreneur summit di Padang, Sumatra Barat. Rencana tersebut disambut baik oleh para delegasi, yang di dalamnya terutama salah satu pilar yang akan
didorong adalah wisata halal yang diangkat oleh Malaysia dan Thailand.
 
Saat memimpin KTT Ke-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan upaya percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan harus terus didorong oleh IMT-GT, guna menghadapi berbagai tantangan di depan yang tidak mudah.

Lebih lanjut, Presiden juga mendorong IMT-GT untuk mempererat kolaborasi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Mari kobarkan semangat kolaborasi, khususnya dengan peningkatan daya saing, konektivitas, pariwisata, dan investasi untuk mencapai visi IMT-GT tahun 2036,” ujarnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat