visitaaponce.com

Gunakan CIA, AS Provokasi Warga Rusia untuk Membelot

Gunakan CIA, AS Provokasi Warga Rusia untuk Membelot
Direktur CIA Amerika Serikat, William Burns.(Dok. AFP)

Setelah Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS) menerbitkan video yang mengajak warga Rusia menjadi informan, Kremlin mewaspadai aktivitas intelijen asing. CIA menggunakan bahasa Rusia disertai dengan teks yang meminta masukan dari perwira militer, spesialis intelijen, diplomat, ilmuwan, dan orang-orang yang memiliki informasi tentang ekonomi Rusia dan kepemimpinannya.

"Hubungi kami. Mungkin orang-orang di sekitar Anda tidak ingin mendengar kebenaran. Kami ingin, ” kata teks video CIA itu.

Diterbitkan hampir 15 bulan setelah perang Moskow dengan Ukraina, video tersebut mengundang orang Rusia untuk mengambil risiko yang sangat besar. Presiden Vladimir Putin telah memperingatkan warganya untuk waspada terhadap pengkhianat, dan parlemen bulan lalu memilih untuk meningkatkan hukuman pengkhianatan negara dari 20 tahun menjadi penjara seumur hidup.

Baca juga: AS Desak Rusia Rilis Data Hulu Ledak Nuklir

Dalam video yang dipublikasikan di saluran YouTube resmi CIA dan aplikasi perpesanan Telegram, yang populer di Rusia, menunjukkan seorang laki-laki terlihat menimbang keputusan dan berjalan dengan susah payah melewati salju. Adegan itu ditambah bumbu yang dramatis dengan kehadiran seorang perempuan yang termenung di balik jendela.

“Kita mudah terombang-ambing oleh kebohongan. Tapi kita tahu apa realitas kita. Kenyataan yang kita jalani. Dan kenyataan yang kita bicarakan dalam bisikan,” kata suara yang mengiringi kedua adegan tersebut.

Baca juga: Amerika dan Tiongkok Bertemu, Bahas Ukraina Hingga Taiwan

Pada akhir video, laki-laki dan perempuan itu ditampilkan dalam adegan terpisah dengan jari-jari mereka melayang di atas layar gadget masing-masing di samping tulisan 'Hubungi CIA'.

“Ini Rusia saya. Ini akan selalu menjadi Rusia saya. saya akan bertahan. Keluargaku akan bertahan. Kami akan hidup bermartabat karena tindakan saya,” videonya ditutup dengan suara tersebut.

Ditanya tentang video tersebut, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dia tidak memperhatikan video tersebut.

"Tetapi kita semua tahu betul bahwa CIA dan badan intelijen Barat lainnya tidak mengurangi aktivitas mereka di wilayah negara kita."

Beberapa orang Rusia bereaksi skeptis terhadap video di media sosial, mengatakan itu tampak seperti provokasi oleh Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia. Teks yang menyertainya mengatakan bahwa kontak dapat dilakukan dengan aman melalui Tor, sebuah sistem komunikasi online anonim.

Itu mengarahkan penonton ke video lain untuk instruksi tentang cara menggunakan Tor. “CIA ingin mengetahui kebenaran tentang #Rusia, dan kami mencari orang yang dapat dipercaya yang mengetahui dan dapat memberi tahu kami kebenaran ini. Informasi Anda mungkin lebih berharga daripada yang Anda pikirkan.” tutup video CIA tersebut. (Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat