visitaaponce.com

Amerika dan Tiongkok Bertemu, Bahas Ukraina Hingga Taiwan

PENASIHAT Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan dan diplomat terkemuka Tiongkok, Wang Yi bertemu di Wina, Austria pekan ini di tengah meningkatnya ketegangan, terutama terkait Taiwan.

Keduanya mengadakan pembicaraan delapan jam selama Rabu (10/5), dan Kamis (11/5), kemarin di sana. Pertemuan ini mengakhiri jeda tidak resmi dalam kontak tingkat tinggi sejak AS menembak jatuh balon pengintai Tiongkok pada awal tahun ini.

"Kedua belah pihak melakukan pembicaraan yang terus terang, substantif dan konstruktif," kata Gedung Putih.

Baca juga : Tiongkok Ingin Damaikan Ukraina dan Rusia Lewat Delegasi Khusus

Gedung Putih mengatakan, topik pembahasan keduanya termasuk invasi Rusia ke Ukraina dan Taiwan. Washington telah berulang kali memperingatkan Beijing agar tidak menawarkan bantuan militer apa pun kepada Rusia, dan mengawasi dengan cermat langkah-langkahnya di Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri.

Taiwan hingga saat ini hidup di bawah ketakutan konstan akan invasi Tiongkok, dan Beijing telah meningkatkan retorika dan aktivitas militernya di sekitarnya dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga : BRICS, Gabungan Kekuatan Baru Penantang Dominasi AS

“Penasihat Wang secara konprehensif menguraikan posisi serius Tiongkok di Taiwan," kata kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua.

Kedua diplomat itu sepakat untuk memanfaatkan saluran strategis ini untuk komunikasi. (CNA/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat