visitaaponce.com

Bertemu PM Inggris, Jokowi Bahas Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik

Bertemu PM Inggris, Jokowi Bahas Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik
Presiden berharap realisasi komitmen Inggris dalam transisi energi yang adil dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik.(dok. setpres)

PRESIDEN Joko Widodo mengapresasi realisasi proyek energi surya di Sumba dan energi Hydro di Lombok, Bali, dan Sumatra Barat, saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak

"Saya harap bisa diperluas ke kota lain, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujar Presiden dalam keterangan tertulis. Pertemuan dengan Sunak dilakukan di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5). 

Presiden Jokowi juga sempat menyinggung hibah Inggris sebesar kurang lebih US$11 juta untuk transportasi berkelanjutan di beberapa kota Indonesia. 

Baca juga: Bertemu PM Jepang, Presiden Jokowi Harap Perundingan IJEPA Rampung September 2023

Tidak hanya itu, Presiden berharap realisasi komitmen Inggris dalam transisi energi yang adil, pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), pasokan sel baterai, dan pembangunan micro factory EV. Termasuk investasi pembangunan IKN, transportasi, energi hijau, dan pendidikan. 

Terkait kerja sama perdagangan kedua negara, Presiden menegaskan bahwa kebijakan diskriminatif harus dihindari. Presiden juga berharap kebijakan uji tuntas atau due diligence untuk produk pertanian dan kehutanan tidak diskriminasi terhadap komoditas utama Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi Bahas Perdagangan hingga IKN dengan PM Jepang

Sedangkan terkait ASEAN, Presiden mengatakan bahwa pada KTT ke-42 ASEAN yang lalu para pemimpin mendukung penuh upaya Indonesia melakukan komunikasi dengan semua pemangku kepentingan. Terutam dalam membantu ASEAN Humanitarian Assistance Centre (AHA Centre) dalam pemberian bantuan ke Myanmar.

"(Lima poin konsensus) 5PC akan tetap jadi referensi utama dalam penyelesaian konflik Myanmar dan AHA Center tengah bekerja untuk salurkan bantuan kemanusiaan. Ini butuh dukungan internasional, termasuk Inggris," tutur Presiden. 

Dalam pertemuan tersebut, PM Sunak juga menyampaikan beberapa kali ucapan selamat kepada Presiden Jokowi atas kepemimpinan Indonesia di G20. Menurut PM Sunak, Indonesia berhasil menjalankan presidensi G20 dengan baik.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan kali ini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat