visitaaponce.com

PM Narendra Modi Klaim Menangi Pemilu India

PM Narendra Modi Klaim Menangi Pemilu India
Perdana Menteri India Narendra Modi.(ANTARA FOTO)

ALIANSI Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin oleh Perdana Menteri India Narendra Modi mengklaim kemenangan pemilihan umum. Dalam sejarah India, hasil jajak pendapat, seperti exit poll sering tidak sesuai dengan perhitungan suara resmi.

Sebagian besar jajak pendapat memproyeksikan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang berkuasa dapat memenangkan dua pertiga mayoritas di majelis rendah parlemen yang beranggotakan 543 orang. Dibutuhkan 272 kursi untuk mendapatkan menjadi mayoritas.

Ringkasan dari enam jajak pendapat memperkirakan NDA dapat memperoleh antara 355 dan 380 kursi. NDA memenangkan 353 kursi pada Pemilu 2019, dengan BJP memperoleh 303 kursi.

Baca juga : Narendra Modi Pastikan Presidensi G20 India akan Inklusif

Enam exit poll yang menggambarkan NDA yang dipimpin BJP memperoleh suara mayoritas adalah Republic Bharat-P Marq (359), India News-D-Dyanamics (371), Republic Bharat-Matrize (353-368) Dainik Bhaskar (281-350), News Nation (342-378), dan Jan Ki Baat (362-392), menurut laporan di jaringan NDTV India.

Jajak pendapat lain dari stasiun televisi CNN-News18 memperkirakan BJP dan sekutu koalisinya akan memenangkan 355 kursi. Aliansi oposisi INDIA yang dipimpin oleh Partai Kongres pimpinan Rahul Gandhi diperkirakan akan memenangkan lebih dari 120 kursi, menurut survei yang disiarkan setelah enam minggu pemungutan suara berakhir pada Sabtu (1/6).

Exit poll, yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemungutan suara, memiliki catatan yang buruk di India karena sering kali tidak sesaui dengan hasil rekapitulasi resmi. Para analis mengatakan sulit untuk mendapatkan hasil yang benar di negara yang besar dan beragam ini.

Baca juga : PM Narendra Modi Tiba di Bali

Pihak oposisi menolak jajak pendapat tersebut, dan sebelum dipublikasikan, mereka menyebutnya diawali setelah pertemuan di kediaman Presiden Kongres Mallikarjun Kharga di New Delhi pada Sabtu (1/6) pagi.

Sebagian besar partai oposisi menuduh saluran berita utama India bias dalam mendukung Modi, tuduhan yang dibantah oleh saluran tersebut. Mereka juga mengatakan exit poll di India sebagian besar tidak ilmiah.

“Ini adalah exit poll pemerintah, ini exit poll Narendra Modi,” kata Ketua Media Sosial Kongres Supriya Shrinate, dilansir dari Al Jazeera, Minggu (2/6).

Baca juga : PM India akan Kunjungi Lokasi Jembatan yang Runtuh

Sanjay Singh dari Partai Aam Aadmi (AAP) yang memerintah wilayah ibu kota negara Delhi mengatakan kepada Press Trust of India jajak pendapat tersebut pemerintah dan BJP.

“Exit poll selalu menunjukkan kemenangan BJP. Dalam pertemuan (blok INDIA), para pemimpin mengatakan bahwa aliansi INDIA akan mendapatkan 295 kursi dan kami akan membentuk pemerintahan,” katanya.

Hampir satu miliar orang berhak memilih dalam pemilu tujuh tahap yang dimulai pada 19 April dan diadakan di musim panas yang terik di banyak wilayah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) India akan menghitung suara pada 4 Juni dan hasilnya diperkirakan akan diumumkan pada hari yang sama.

Baca juga : Presiden Jokowi dan PM Modi Bahas Kerja Sama Pangan

Dalam komentar pertamanya setelah pemungutan suara berakhir, Modi mengklaim kemenangan tanpa mengacu pada exit poll. “Saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa rakyat India telah memberikan suara dalam jumlah besar untuk memilih kembali pemerintahan NDA,” katanya di X, tanpa memberikan bukti atas klaimnya.

Kemenangan bagi Modi, 73, akan menjadikannya perdana menteri kedua setelah pemimpin kemerdekaan Jawaharlal Nehru yang memenangkan tiga masa jabatan berturut-turut. Banyak orang di daerah pemilihan Perdana Menteri Varanasi mengatakan gembira dengan prospek kembalinya Modi berkuasa.

“Saya memilih pertumbuhan dan pembangunan negara saya,” kata warga Varanasi, Brijesh Taksali.

Varanasi adalah kota kuil penting dalam agama Hindu, tempat umat dari seluruh India datang untuk mengkremasi orang-orang tercinta yang telah meninggal di tepi Sungai Gangga.

Namun Janesar Akhtar, seorang pembuat pakaian muslim yang bekerja di bengkel bordir terkenal di Varanasi, mengatakan kampanye sektarian BJP merupakan gangguan yang disayangkan dari masalah pengangguran kronis di India.

“Lokakarya di sini ditutup dan pemerintahan Modi sibuk dengan politik kuil dan masjid,” kata pria berusia 44 tahun itu. “Dia seharusnya memberi kami pekerjaan dan bukan ketegangan,” pungkasnya. (Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat