visitaaponce.com

Indonesia dan Tanzania Perkuat Kerja sama

Indonesia dan Tanzania Perkuat Kerja sama
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.(ANTARA)

MENTERI Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Tanzania Stergomena Lawrence Tax membahas upaya peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi. Kedua negara telah mencatatkan nilai positif dengan peningkatan 50% sejak 2019 hingga 2022, dengan nilai sekitar Rp5 triliun.

"Indonesia berniat mengekspor beberapa produk lain seperti pupuk, karet ban, makanan, dan minuman. Kami juga telah sepakat untuk menjajaki kemungkinan membangun perjanjian perdagangan preferensial dengan Tanzania," kata Retno dalam konferensi pers usai pertemuan bilateral tersebut di Jakarta, Kamis (22/6).

Sementara terkait investasi, kedua menteri mendiskusikan upaya meningkatkan investasi Indonesia di Tanzania.

Pabrik minyak cengkeh Indonesia, PT Indesso Aroma, kata dia, berencana untuk memperluas unit penyulingan di Zanzibar dan Tonga. BUMN migas PT Pertamina juga berusaha memperluas kehadirannya di Tanzania dengan memperoleh saham mayoritas dalam operasi di blok Mnazi Bay, melalui anak perusahaannya, Maurel & Prom.


Baca juga: Tiga WNI Kembali Diselamatkan dari Khartoum


"Saya menghargai dukungan Tanzania terhadap investasi ini, dan saya yakin rencana ini akan berkontribusi positif bagi perekonomian kedua negara," tutur Retno.

Selain kerja sama ekonomi, kedua Menlu juga menegaskan komitmen mereka untuk memperkuat kerja sama bidang kesehatan. Menurut Retno, perusahaan farmasi Indonesia PT Dexa Medica telah menerima praktik manufaktur dari Tanzania dan akan mulai memasok produknya ke negara Afrika timur itu.

Terkait kerja sama pembangunan, Retno menjelaskan selama lima tahun terakhir, Indonesia telah melaksanakan berbagai program peningkatan kapasitas dan pelatihan antara lain tentang ketahanan pangan, perdagangan, investasi, dan pendidikan.

"Tahun depan, kami akan melanjutkan program serupa di bidang pertanian, pertambangan, dan energi untuk jangka panjang," jelasnya.

Retno dan Tax turut membahas persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tanzania yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun ini. (I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat