visitaaponce.com

Ini Tanggapan Sutradara Titanic soal Tragedi Titan OceanGate

Ini Tanggapan Sutradara Titanic soal Tragedi Titan OceanGate
Ilustrasi Titan OceanGate(AFP)

Sutradara film Titanic James Cameron ikut berkomentar terkait meledaknya kapal selam Titan milik OceanGate. Menurutnya, kejadian itu persis seperti peristiwa tenggelamnya kapal Titanic pada 1912 silam.

"Saya dikejutkan oleh kesamaan kejadian ini dengan tragedi Titanic itu sendiri. Kapten berulang kali diperingatkan tentang es di depan kapalnya, namun dia meluncur dengan kecepatan penuh ke gunung es dan akibatnya banyak orang meninggal," ujar Cameron.

Ia pun meminta tragedi tersebut menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat. Memiliki rasa penasaran tentu boleh saja. Namun, sebaiknya pastikan, untuk bisa memenuhi rasa penasaran itu, semua dalam kondisi yang aman.

Baca juga: Ini Fakta Kapal Selam Titan Titanic, Penumpangnya Harus Isi Pernyataan Siap Mati

"Mereka adalah orang-orang yang memiliki rasa keingintahuan yang kuat. Saya tidak mau mengecilkan itu. Namun, ini sekarang menjadi pelajaran. Jika anda masuk ke dalam kendaraan, baik itu pesawat terbang, kapal laut atau kapal selam, pastikan itu sudah tersertifikasi," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Titan yang membawa empat penumpang dan satu pilot dilaporkan hilang saat menyelam untuk melihat bangkai Titanic. Baru-baru ini, OceanGate mengumumkan bahwa kapal selam tersebut meledak karena kuatnya tekanan di dasar laut. Pengumuman itu disampaikan setelah otoritas Kanada menemukan puing-puing dari kapal tersebut.

Baca juga: Misteri dan Daya Tarik Titanic yang Abadi

OceanGate menjalankan ekspedisi untuk mengunjungi bangkai kapal Titanic dengan biaya perjalanan sebesar US$250 ribu per orang.

"Kami percaya bahwa para penumpang yakni Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet telah meninggal. Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang sangat bersemangat untuk melakukan petualangan yang berbeda untuk menjelajahi dan melindungi lautan. Kami berduka atas kabar duka ini," ujar pernyataan resmi dari OceanGate. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat