visitaaponce.com

Kemenlu Nihil WNI Terlibat Kerusuhan di Prancis

Kemenlu: Nihil WNI Terlibat Kerusuhan di Prancis
Seorang perempuan berdiri di hadapan anggota polisi Prancis.(AFP/EMMANUEL DUNAND)

KERUSUHAN menyebar hingga ke daerah pinggiran kota Paris, Prancis, sejak Rabu (28/6). Pemicunya penembakan seorang remaja oleh polisi dengan dalih melanggar aturan lalu lintas.

Pemuda Prancis keturunan Aljazair, Nahel, 17, mergang nyawa usai dadanya ditembus peluru milik oknum polisi di Nanterre pada Selasa (27/6). Hingga Jumat (30/6), hampir 700 orang ditangkap atas tuduhan melakukan kekerasan, pembakaran, dan lainnya.

"Kerusuhan menyebar ke daerah pinggiran kota Paris lainnya, di Seine-Saint Denis, Villeurbanne, dan juga di kota-kota besar lainnya termasuk Nantes dan Toulouse," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dalam keterangan, Sabtu (1/7).

Baca juga: Bentrokan di Seluruh Prancis, 667 Orang Ditangkap

Judha mengatakan, KBRI Paris telah berkoordinasi dengan kepolisian kota Nanterre, serta simpul simpul masyarakat Indonesia. "Hingga saat ini tidak terdapat Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak atau terlibat kerusuhan tersebut," ucapnya.

Kepolisian Paris menyatakan sejumlah toko telah dijarah para demonstran. Mereka juga menghancurkan jendela etalase toko-toko yang menjual barang-barang mewah di sepanjang jalan perbelanjaan Rue de Rivoli.

Baca juga: Polisi Usut Pemicu Kerusuhan di Prancis

Otoritas lokal di Clamart, delapan kilometer dari pusat kota Paris, memberlakukan jam malam hingga Senin. Valerie Pecresse, yang mengepalai wilayah Paris Raya mengatakan, semua layanan bus dan trem akan dihentikan setelah pukul 21:00 waktu setempat.

Selain itu, pengujuk rasa juga merusak dan membakar balai kota di pinggiran Paris L'Ile-Saint-Denis, tidak jauh dari stadion nasional negara itu dan markas besar untuk Olimpiade Paris 2024. (Aljazeera/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat