visitaaponce.com

Lima WNI Dievakuasi dari Zona Konflik di Sudan

Lima WNI Dievakuasi dari Zona Konflik di Sudan
Ilustrasi warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan.(Antara)

Lima warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di zona konflik di ibu kota Sudan, Khartoum, berhasil diselamatkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat. Kelimanya telah berada di tempat yang aman dari konflik politik bersenjata antara militer Sudan dan paramiliter (RSF).

"Pada 21 Juni, KBRI Khartoum berhasil mengevakuasi seorang ibu beserta dua anaknya dari Khartoum menuju Port Sudan. Selanjutnya, pada 27 Juni, dua WNI bernama Cicih dan Rosita, yang berada di Atbarah, Nile River, juga berhasil dijemput dan tiba di Port Sudan," ungkap pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Rabu (5/7).

Saat ini, lanjut keterangan itu, kelima WNI tersebut berada di gedung sementara KBRI Khartoum di Port Sudan. Safe house tersebut menjadi tempat tunggu untuk jadwal pemulangan ke Tanah Air.

Baca juga: Angka Penembakan Massal di AS Naik, WNI Diminta Waspada

Sebelumnya, kelima WNI tersebut memutuskan untuk tetap tinggal di Sudan dan tidak ikut dalam evakuasi yang telah dilakukan. Mereka memilih untuk tinggal karena alasan pekerjaan.

"Namun, dengan meningkatnya intensitas konflik dan demi keselamatan mereka, KBRI Khartoum terus berusaha mempercepat evakuasi WNI yang berada di wilayah berbahaya," tambah keterangan tersebut.

Baca juga: Kemenlu: Nihil WNI Terlibat Kerusuhan di Prancis

Duta Besar Indonesia untuk Sudan Sunarko mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan mengevakuasi kelima WNI dari Khartoum. KBRI Khartoum berkomitmen untuk terus berupaya membantu evakuasi WNI yang masih berada di Sudan, sambil terus memantau perkembangan situasi keamanan di lapangan.

"Semoga evakuasi WNI yang tersisa dapat dilakukan dengan sukses sehingga mereka dapat kembali ke tanah air dengan selamat," pungkasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat