visitaaponce.com

Terbukti Bersalah, Departemen Kehakiman Tak Lagi Lindungi Donald Trump

Terbukti Bersalah, Departemen Kehakiman Tak Lagi Lindungi Donald Trump
Mantan wartawati E Jean Carroll (kiri) dan mantan Presiden AS Donald Trump.(AFP/Kena Betancur and Andrew KELLY )

DEPARTEMEN Kehakiman Amerika Serikat mengatakan bahwa eks Presiden AS Donald Trump dapat dimintai pertanggungjawaban secara pribadi atas komentar penghinaannya terhadap mantan kolumnis majalah E Jean Carroll.

Keputusan ini berbeda dari sikap departemen sebelumnya yang menyatakan bahwa Trump dilindungi karena dia adalah presiden ketika dia membuat pernyataan tersebut.

Dalam sebuah surat pada Selasa (11/7), departemen tersebut mengatakan bahwa Trump tidak bertindak dalam kapasitasnya sebagai presiden ketika dia berbicara menentang klaim Carroll bahwa dia telah memfitnah dan memperkosanya.

Baca juga : Trump Bersaksi di Pengadilan NY Setelah Menang di New Hampshire

"Tidak ada lagi dasar yang cukup untuk menyimpulkan bahwa mantan presiden termotivasi oleh keinginan yang lebih dari sekadar keinginan yang tidak signifikan untuk melayani pemerintah Amerika Serikat," kata departemen tersebut.

Surat tersebut diajukan kepada hakim pengadilan distrik federal yang memimpin gugatan pencemaran nama baik tahun 2020 yang diajukan oleh Carroll di Manhattan.

Sebelumnya, majelis hakim sidang perdata di Manhattan memutuskan pada Selasa (9/5/2023) bahwa Donald Trump bertanggung jawab atas pelecehan seksual terhadap Carroll, pada pertengahan 1990-an.

Baca juga : Trump Hadiri Sidang Pemfitnahan Pemerkosaan di New York 

Departemen Kehakiman telah setuju dengan pengacara Trump bahwa dia dilindungi oleh Undang-Undang Westfall dan memberikan kekebalan mutlak kepada pegawai federal dari tuntutan hukum. Kekebalan diajukan atas tindakan yang terjadi dalam lingkup pekerjaan mereka.

Namun, pada bulan Mei, juri memberikan ganti rugi sebesar US$5 juta kepada Carroll setelah menyimpulkan bahwa Trump melakukan pelecehan seksual terhadapnya pada tahun 1996 di toko Bergdorf Goodman di pusat kota Manhattan dan kemudian mencemarkan nama baiknya tahun lalu dengan komentar-komentar yang dibuatnya tentang dirinya dan klaim-klaimnya.

Meskipun juri memutuskan bahwa Trump bertanggung jawab atas pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap Carroll, juri menolak klaim pemerkosaannya. (Aljazeera/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat