visitaaponce.com

Indonesia Ajak Australia dan India Jaga Stabilitas Indo-Pasifik

Indonesia Ajak Australia dan India Jaga Stabilitas Indo-Pasifik
Menlu Retno Marsudi memimpin sesi pleno pertemuan Menlu ASEAN(Dok. Kemenlu )

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan trilateral dengan Menlu Australia Penny Wong dan Menlu India S. Jaishankar. Retno mengajak kedua negara demokrasi ini menjaga stabilitas di Indo-Pasifik.

"Indonesia, Australia, dan India memiliki banyak kesamaan. Kita adalah negara demokratis, dan kita menjadi kekuatan positif dalam menghormati hukum internasional dan menjaga perdamaian dan stabilitas," ucap Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (12/7).

Menurut dia pertemuan di sela Pertemuan Menlu ASEAN (AMM) ini menjadi pertemuan trilateral kedua antar ketiga negara sejak yang pertama digelar di New York, Amerika Serikat, tahun lalu. Indonesia, Australia dan India dapat berjalan beriringan bersama dalam skema kerja sama dan kolaborasi.

Baca juga: Menlu Retno: 5 Poin Konsensus Satu-satunya Solusi Sudahi Konflik Myanmar

Indonesia sangat mengapresiasi dukungan Australia dan India terhadap sentralitas ASEAN serta implementasi Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Ia menantikan partisipasi aktif kedua negara tersebut dalam Forum Infrastruktur Indo-Pasifik ASEAN, yang akan diadakan di sela-sela KTT ASEAN di bulan September mendatang.

Australia merupakan anggota Pacific Island Forum (PIF), dan bersama India, ketiga negara sama-sama merupakan anggota Indian Ocean RIM Association (IORA).

Baca juga: Penanganan Krisis Myanmar Harus Satu Pintu

"Ini adalah kontribusi lain Indonesia untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan perdamaian dan kemakmuran, dan untuk melibatkan mitra secara inklusif," ungkapnya.

Retno berharap bahwa India dan Australia akan dapat mengidentifikasi ide-ide konkret untuk meningkatkan kerja sama praktis di berbagai bidang seperti ekonomi, maritim, dan pangan keamanan. "Saya berharap dapat bertukar pandangan dengan Anda," pungkasnya. (Cah/Z-7)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat