visitaaponce.com

Korut Luncurkan Rudal untuk Tanggapi Kehadiran Kapal Selam AS

Korut Luncurkan Rudal untuk Tanggapi Kehadiran Kapal Selam AS
Warga menonton peluncuran rudal Korea Utara melalui televisi.(AFP)

Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik ke laut lepas pantai timurnya, Senin (24/7) malam. Aksi itu dilakukan beberapa jam setelah kedatangan kapal selam Amerika Serikat (AS) di pangkalan Korea Selatan.

Kementerian pertahanan Jepang juga mengomfirmasi peluncuran dua rudal balistik oleh Korea Utara. Dua rudal itu jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Negeri Sakura.

AS mengaku sedang berkonsultasi erat dengan sekutunya tentang peluncuran rudal Korea Utara, yang digambarkan sebagai destabilisasi. Mereka juga mengatakan peluncuran tersebut tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap personel dan wilayah AS atau sekutunya.

Baca juga: Korut Kembali Lakukan Uji Coba Rudal

Kedatangan kapal selam milik Negeri Paman Sam di Korea Selatan sendiri adalah langkah untuk meningkatkan kesiapan terhadap program senjata Korut. Kapal selam bertenaga nuklir itu memasuki pangkalan angkatan laut di pulau Jeju untuk memuat pasokan militer sementara dalam misi operasional.

Hubungan antara kedua Korea tengah berada di titik terendah sepanjang sejarah dengan hubungan diplomatis antara Pyongyang dan Seoul terhenti dan Kim menyerukan peningkatan uji coba senjata, termasuk rudal nuklir. (CNA/Z-11)

Baca juga: Korea Utara Kembali Menembakkan Beberapa Rudal ke Laut

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat