visitaaponce.com

Kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan Terjaga

Kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan Terjaga
Bendera peserta Jambore Pramuka Dunia di Buan, provinsi Jeolla Utara pada 5 Agustus 2023.(ANTHONY WALLACE/AFP)

KEMENTERIAN Luar Negeri memastikan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-25 (25th World Scout Jamboree) di Korea Selatan, 1 sampai 12 Agustus 2023 dalam kondisi sehat. Indonesia menunggu kelanjutan gelaran ini di tengah cuaca panas yang menyerang negara tuan rumah gelaran empat tahunan ini.

"Informasi dari Seoul sejauh ini kondisi mereka baik. Pengurus organisasi pramuka Indonesia akan mengikuti rekomendasi pihak penyelenggara apakah kegiatan berlanjut atau diberhentikan lebih awal," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Media Indonesia, Minggu (6/8).

Diketahui Indonesia mengirimkan 1.569 orang yang dipimpin Ketua Kontingen, Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi ke Korea Selatan. Mereka akan mengikuti acara tersebut.

Baca juga: Panas Ekstrem, Jokowi Diminta Pulangkan Kontingen RI dari Jambore Dunia

Namun di lokasi cuacanya mencapai 38 sampai 40 derajat celcius di siang hari. Sejumlah negara membatalkan dan memulangkan delegasi mereka dengan alasan tersebut. Amerika dan Inggris diketahui telah menarik delegasi mereka dengan alasan suhu yang sangat panas.

Hingga saat ini sekitar seribu orang dari delegasi yang mengikuti jambore ini mengalami sejumlah dampak cuaca panas. Mereka telah dievakuasi ke sejumlah rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. (Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat