visitaaponce.com

Kabel Menjuntai Hantui Depok Bahayakan Warga

Kabel Menjuntai Hantui Depok Bahayakan Warga
Kabel menjuntai hantui Depok(Antara)

PEMERINTAH Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) didesak segera membenahi kabel listrik semrawut yang menjuntai ke Jalan Jambore RT 002 RW 06 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.

Sebab, sejauh ini terlihat penanganannya lambat, padahal membahayakan keselamatan warga terlebih pengendara di malam hari.

Desakan tersebut disampai­kan warga setempat melalui Ketua RT 002 RW 06 Kelurahan Harjamukti, Mista.

Baca juga : Warga Depok Keluhkan Kabel Menjuntai Semrawut belum Dibenahi

"Ngeri kabelnya, bahaya kan pinggir jalan begini," ujarnya, Kamis (20/6).

Kurang rapinya pemasangan kabel, kata Mista dapat membahayakan warganya. " Apalagi kabel itu sampai menjuntai dan menjulur ke jalan, " katanya.

Dipaparkan, merapikan kabel menjun­tai merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap keindahan kota dan keselamatan warga.

Baca juga : Kota Depok Masih belum Steril dari Kabel Semrawut

"Warga yang berdagang di Jalan Jambore kerap mengeluh tentang ini karena khawatir dengan kabel menjuntai dan menjulur tersebut. Pasalnya, atap kiosnya tersentuh kabel udara yang menjuntai dan menjulur ke bawah. Dia takut sewaktu-waktu bisa korsleting yang menyebabkan kiosnya kebakaran. Saya kira ini harus jadi con­cern (perhatian) pemerintah, harus ikut bertanggungjawab memberikan perhatian di wilayah-wilayah yang mereka pasangi kabel,” ujar dia.

Selain warga Jalan Jambore, Warga Simpang Depok, Sukmajaya mengeluhkan hal yang sama. 

Mereka menagih tangung jawab pemerintah kota untuk segera membenahi kabel-kabel yang menjuntai. Sebab secara faktual, keberadaan ka­bel yang menjuntai cenderung merusak estetika kota dan mengancam keselamatan warga dan pengendara.

Baca juga : Membahayakan, Banyak Pohon dan Ranting Sentuh Kabel Listrik di Depok

“Kabel-kabel saling tiban. Ini kan merusak estetika kewilayahan dan membahayakan pengendara motor, mobil dan pejalan kaki,” ungkap Rahmin.

Di sepanjang Jalan Simpang Depok hingga Jalan Tole Iskandar 

ada gulungan kabel yang berantakan hingga menjulur ke aspal. " Kabel itu menjulur persis di pinggir jalur yang mengarah ke Jalan Margonda. Padahal Jalan Tole Iskandar merupakan jalan raya utama di Kota Depok, " ujarnya. 

Baca juga : Ribuan Ton Sampah Jeroan Hewan Kurban Cemari Saluran Air dan Situ di Depok

Ia melihat, pembenahan kabel menjuntai di Kota Depok lambat. Padahal, harus gerak cepat (gercep) disele­saikan agar tidak jatuh korban. "Saya melihat kurang aksi untuk perapihan. Seka­rang perapihan kurang aksi dan tang­gungjawabnya,” tandas dia.

Dipaparkan dia pula bahwa hampir seluruh jalan di Kota Depok kurang estetikanya diakibatkan kabel-kabel yang menjuntai dan menjulur ke bawah.

"Ini membahayakan pengendara tentunya," ucap Rahmin warga Perumnas II Sukmajaya itu.

Menanggapi keluhan ini, Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok Denny Setiawan mengatakan 

Pemerintah Kota Depok lagi melakukan penertiban kabel udara yang terlihat semrawut menjuntai di sejumlah lokasi. Di antaranya di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya. Penertiban dilakukan dengan cara memotong kabel tersebut.

Sambung Denny lagi, pemotongan kabel udara dilakukan agar tata ruang Kota Depok menjadi lebih bersih. Sebab, kabel jaringan itu merusak keindahan. "Sebelumnya juga sudah dilakukan penertiban serupa di Jalan Margonda.

Untuk dari Simpang Depok sampai sini sedang di bereskan karena memang itu statusnya masih jalan kota,” kata Denny.

Sementara ini penertiban dilakukan di sekitar jalan yang statusnya milik Kota Depok. Pihaknya juga akan melakukan penertiban di Simpang KSU dan Jalan Siliwangi namun harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena status jalan milik pemprov.

"Kita harus minta izin dulu ke sana (Pemprov Jabar) untuk menurunkan kabel itu, ini dalam proses perizinan nanti setelah itu baru dilanjutkan ke sana,” kilahnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat