visitaaponce.com

Jokowi Sebut Asia Tenggara akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Menjanjikan

Jokowi Sebut Asia Tenggara akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Menjanjikan
Presiden Joko Widodo(BPMI Setpres )

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat menjanjikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Ia menyebut, berdasarkan prakiraan, ASEAN akan menjadi urat nadi perdagangan internasional serta berkontribusi pada 5,4% terhadap Produk Domestik Bruto (GDP) dunia pada 2045.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pembukaan KTT ke-11 ASEAN-Amerika di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9). Pertemuan itu merupakan rangkaian dari puncak KTT ke-43 ASEAN pada hari kedua yang mana saat ini Indonesia menjadi ketuanya.

"Oleh sebab itu, kemitraan yang kokoh dan sustainable antara ASEAN dan Amerika Serikat tentu tidak hanya menguntungkan ASEAN, tapi juga akan menguntungkan Amerika Serikat," terang presiden.

Baca juga: Buka KTT Ke-26 APT, Presiden Minta Prioritaskan Pembangunan Ekonomi Hijau

Kemitraan antara ASEAN dan Amerika Serikat, menurut Jokowi, hanya akan terwujud jika terdapat komitmen kuat dari kedua belah pihak dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

ASEAN, imbuhnya, sepakat untuk terus menjalankan fungsinya sebagai lokomotif perdamaian dan stabilitas di kawasan. Sebagai bagian dari Indo-Pasifik, ujar Jokowi, ASEAN harus menjadi platform atau wadah kolaborasi antara ASEAN dan Amerika Serikat.

Baca juga: Presiden Dorong Penguatan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Bangladesh

"Oleh sebab itu, ASEAN mengajak Amerika Serikat untuk menjadi positive force (kekuatan positif) dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif," tuturnya. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat