visitaaponce.com

Jokowi Ajak India Tanggulangi Kejahatan Maritim dan Dorong Ekonomi Biru

Jokowi Ajak India Tanggulangi Kejahatan Maritim dan Dorong Ekonomi Biru
Presiden Jokowi (kanan) dan Perdana Menteri India Narendra Modi.(AFP/WILLY KURNIAWAN)

PADA Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dengan India ke-20, Presiden Joko Widodo mengajak India untuk ikut menangani kejahatan maritim yang terjadi serta mendorong ekonomi biru.

"Potensi kerja sama tersebut bisa kita dorong menuju ekonomi biru, ketahanan pangan, konektivitas maritim, dan sumber daya energi laut yang berkelanjutan. Selain itu kejahatan maritim juga harus kita tanggulangi seperti perompakan, penyelundupan manusia, narkoba, dan juga Illegal Unregulated Unreported Fishing (IUUF) atau penangkapan ilegal," kata Jokowi dalam KTT ASEAN-India ke-20 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9).

Jokowi mengatakan secara bersama harus menjadikan lautan sebagai sea of corporation bukan a sea of confrontation yang harus terus dijaga kedamaian dan stabilitasnya dengan menghormati hukum internasional, mendorong kerja sama dan membangun arstitektur kawasan yang inklusif

Baca juga: Indonesia Ajak Korsel Perkuat Pemberdayaan UMKM melalui Transformasi Digital

"Ini adalah kunci untuk mewujudkan kawasan yang mampu jadi epicentrum of growth," ucapnya.

Selain itu Jokowi sangat menghargai kehadiran Perdana Menteri India Narendra Modi di tengah persiapan KTT G20 di India. Kerja sama ASEAN dan India selama ini disebutkan telah memberi manfaat nyata bagi rakyat.

Baca juga: KTT ASEAN Hasilkan Sejumlah Kerja Sama dengan Tiongkok, Korsel, dan Jepang

"Namun kolaborasi ini masih perlu terus kita optimalkan, apalagi kita lihat potensi besar Samudera Hindia yang menghubungkan 33 negara dengan 2,9 miliar jiwa dan seperlima GDP dunia di 2025," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat