visitaaponce.com

Australia dan ASEAN Miliki Komitmen Sama untuk Capai Kemakmuran

Australia dan ASEAN Miliki Komitmen Sama untuk Capai Kemakmuran
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia ke-3 di Jakarta Convention Center Senayan(AFP)

AUSTRALIA menyatakan memiliki komitmen yang sama dengan ASEAN untuk mencapai kemakmuran dan stabilitas ekonomi. Karenanya otoritas di Negeri Kanguru berkomitmen memperkuat hubungan dengan negara-negara yang terhimpun di ASEAN.

Demikian disampaikan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia ke-3 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Kamis (7/9).

"ASEAN sangat penting bagi Australia, kami memiliki ambisi yang sama dengan ASEAN untuk kemakmuran dan stabilitas ekonomi. Pemerintahan Australia berkomitmen untuk menumbuhkan dan memperkuat hubungan dengan ASEAN," tuturnya.

Baca juga: PBB Dukung Penuh Inisiatif Keketuaan ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

Salah satu upaya untuk memperkuat hubungan itu ditandai dengan peluncuran cetak biru keterlibatan ekonomi Australia di ASEAN hingga 20 tahun ke depan. Kerangka tersebut berisikan tentang strategi investasi ekonomi di Asia Tenggara, sekaligus memperdalam ekonomi Australia.

Cetak biru yang dirilis dua tahun lalu itu disebut Albanese telah memberikan dampak signifikan, utamanya sejak disepakatinya kemitraan strategis ASEAN-Australia. Kerja sama tersebut telah menjembatani hubungan ASEAN dan Australia sejauh ini.

Baca juga: Pengamanan KTT ASEAN Maksimal, Peran Indonesia Semakin Relevan

"Hal ini juga dapat mengatasi tantangan kompleks seperti perubahan iklim, kesehatan, keamanan, dan kejahatan transnasional," terangnya.

Lebih lanjut, Albanese menambahkan, pihaknya juga berkomitmen untuk mendukung ketahanan pangan jangka panjang di Asia Tenggara. "Upaya kami dalam hal ini akan membantu melindungi ketahanan kita terhadap guncangan global," ungkapnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat