visitaaponce.com

Investor ASEAN Lirik Pariwisata Indonesia

Investor ASEAN Lirik Pariwisata Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.(ANTARA/ZABUR KARURU)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, para investor dari negara-negara anggota ASEAN menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia. Kebanyakkan penanam modal tersebut tertartik untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sektor pariwisata.

“Saya sudah dihubungi ada beberapa yang ingin meneamkan modal di destinasi super prioritas dan juga KEK. Karena kita punya dua di destinasi superpriotas yaitu satu di Likupang, Sulawesi Utara dan Mandalika, Lombok. Tapi ada juga KEK baru di Sanur, Bali dan KEK Kura-Kura Bali,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/9).

Kemenparekraf, lanjutnya, terus berupaya memperkenalkan KEK pariwisata lain kepada para investor. KEK Lido dan KEK Tanjung Lesung menjadi dua KEK pariwisata yang didorong untuk menarik minat para penanam modal. Kehadiran investor di sektor pariwisata nasional baka memberikan dampak besar pada perekonomian dalam negeri.

Baca juga: Jokowi: ASEAN dan Australia Miliki Kepentingan yang Sama

Sebab sektor tersebut menyerap banyak tenaga kerja. Masuknya investasi di sektor kepariwisataan bakal membuka lapangan kerja lebih banyak dan mendorong pertumbuhan tenaga kerja dalam negeri.

“Yang sudah kita catat (ingin berinvestasi) mulai dari India, Uni Emirat Arab itu di atas 25 perusahaan yang sekarang sedang melakukan konsep penjajakan dan nanti seandainya ada kelanjutan mereka akan melakukan proses uji tuntas,” terang Sandiaga.

Baca juga: PBB Dukung Program Ekonomi Hijau ASEAN untuk Atasi Perubahan Iklim

Namun ia enggan mengungkap besaran nilai komitmen investasi yang bakal dilakukan oleh peminat sektor kepariwisataan di Indonesia. Pengungkapan tersebut bakal dilakukan setelah ada kepastian dan kejelasan sebelum akhirnya dieksekusi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat