visitaaponce.com

Serpihan Pesawat F-35 yang Hilang Diketemukan

Serpihan Pesawat F-35 yang Hilang Diketemukan
Militer AS akhirnya menemukan serpihan pesawat F-35 yang hilang setelah pilotnya melontarkan diri.(AFP)

MILITER Amerika Serikat (AS) akhirnya menemukan serpihan pesawat jet F-35 yang hilang, setelah pilotnya melontarkan diri. Penemuan itu terjadi satu hari setelah ketidakmampuan melacak pesawat senilai US$80 juta itu mengejutkan dan memicu celaan.

Lapangan serpihan dari F-35 ditemukan di Williamsburg County, South Carolina, dua jam ke timur laut dari Joint Base Charleston (JBC).

"Penduduk diharapkan menghindari daerah tersebut sementara tim pemulihan mengamankan lapangan serpihan," demikian pernyataan pejabat di platform media sosial.

Baca juga: Waduh, Jet Militer AS Hilang dari Langit

Ketika pesawat itu menghilang di atas South Carolina pada hari Minggu, JBC mengeluarkan panggilan di media sosial meminta siapa pun yang memiliki informasi untuk melaporkan.

Situs pelacakan penerbangan menunjukkan beberapa pesawat pencari fokus pada area berhutan dan pertanian di dekat Stuckey, yang terletak di Williamsburg County, sekitar 75 mil (120 kilometer) ke utara Charleston, pada akhir sore hari Senin.

Baca juga: Pertemuan AS dan Tiongkok: Upaya Mengatasi Ketegangan

Pesawat jet F-35 Lightning II sangat diinginkan sekutu AS di seluruh dunia, terutama Ukraina. Pasalnya jet ini memiliki bentuk dan fitur khasnya yang melindunginya dari deteksi radar.

Diketahui, pilot melontarkan diri karena alasan yang tidak diketahui dan terjun payung dengan aman ke lingkungan North Charleston, Minggu, meninggalkan pesawat terbang dalam kondisi yang beberapa sebut sebagai keadaan zombie.

Hal yang sama penah terjadi pada 1989. Di mana pilot MiG-23 Soviet yang mengalami kerusakan melontarkan diri di atas Polandia dan pesawat itu terus terbang dengan autopilot hingga jatuh di Kortrijk, Belgia, lebih dari 900 kilometer (560 mil) dari lokasi awalnya.

Hilangnya pesawat canggih ini memicu komentar kaget di media sosial.

"Bagaimana mungkin pesawat F-35 hilang? Bagaimana mungkin tidak ada perangkat pelacakan dan kita meminta masyarakat untuk apa, menemukan pesawat jet itu dan mengembalikannya?" kata Nancy Mace, seorang anggota Kongres yang mewakili daerah Charleston.

Pesawat yang hilang adalah F-35B, varian yang dioperasikan oleh Marinir yang memiliki kemampuan lepas landas pendek dan mendarat secara vertikal.

Bentuk kerangka pesawatnya, termasuk dua penstabil sudut di bagian belakang, dan penggunaan material khusus membuatnya sulit dideteksi oleh radar tradisional.

Juru bicara JBC, Jeremy Huggins, mengatakan kepada Washington Post bahwa transponder pesawat tersebut tidak berfungsi, dan kemampuan siluman pesawat ini menambah kesulitan dalam pelacakan. Setidaknya tujuh F-35 sebelumnya telah hancur dalam kecelakaan, karena berbagai penyebab. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat