visitaaponce.com

NATO Kirim Pesawat Pengintai ke Lithuania untuk Awasi Aktivitas Rusia

NATO Kirim Pesawat Pengintai ke Lithuania untuk Awasi Aktivitas Rusia
Ilustrasi(AFP)

NATO mengonfirmasi mengerahkan pesawat pengintai Sistem Peringatan dan Kontrol Lintas Udara (AWACS) ke Lithuania. Langkah tersebut dilakukan untuk  memantau aktivitas militer Rusia di dekat perbatasan negara anggota NATO itu.

"Pesawat pertama tiba pada Kamis di Pangkalan Udara Siauliai. Pesawat dua akan menyusul setelahnya," kata penjabat juru bicara NATO Dylan White melalui keterangannya.

Ia mengakuu perang antara Rusia dan Ukraina membuat NATO meningkatkan fokus pada negara-negara anggota di kawasan, juga  lingkungan Laut Baltik.

"AWACS kami dapat mendeteksi pesawat dan rudal yang jaraknya ratusan kilometer, memiliki kemampuan peringatan dini yang penting bagi NATO. Saya berterima kasih kepada Lithuania karena menerima pesawat-pesawat tersebut. Ini merupakan kontribusi penting bagi keamanan kita bersama," tambahnya.

Selain pesawat pengintai, NATO juga mengirimkan kehadiran jet tempur, dan kapal tanker. Sejak Februari 2022, ketika operasi militer khusus diluncurkan, AWACS telah melakukan ratusan penerbangan di Eropa Timur untuk memantau pesawat tempur Rusia.

Baca juga: Sekjen NATO Peringatkan Perang Panjang di Ukraina

AWACS akan memulai penerbangan pengintaian mereka di wilayah aliansinya dalam beberapa hari mendatang, dan misi tersebut dijadwalkan berlangsung beberapa pekan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat