visitaaponce.com

Buru Pembunuh Capres Ekuador, AS Tawarkan Hadiah 5 Juta US Dolar

Buru Pembunuh Capres Ekuador, AS Tawarkan Hadiah 5 Juta US Dolar
Poster dukungan bagi capres Ekuador Fernando Villavicencio.(AFP)

KANDIDAT calon presiden (capres) Fernando Villavicencio, yang berkampanye melawan korupsi dan geng kejahatan di Ekuador ditembak mati saat melakukan kampanye di Ibu Kota, Quito, pada Rabu (9/8).

Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah sebesar US$5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan mereka yang berada di balik pembunuhan Villavicencio.

Baca juga: Narapidana Ekuador Membebaskan 57 Penjaga dan Polisi

Selain hadiah sebesar US$5 juta, Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Kamis (28/9) mengumumkan hadiah sebesar US$1 juta untuk informasi yang mengarah pada identifikasi atau lokasi individu pemimpin kelompok yang bertanggung jawab atas kematian Villavicencio.

"Amerika Serikat akan terus mendukung rakyat Ekuador dan berupaya mengadili para individu yang berusaha merusak proses demokrasi melalui kejahatan kekerasan," ujar Blinken dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Memanas, 4 Bom Mobil hingga Penyanderaan Sipir Terjadi Berturut-turut di Ekuador

Villavicencio adalah mantan anggota parlemen dan jurnalis anti-korupsi yang gigih. Dalam kasus kematiannya, Polisi Ekuador telah menangkap enam tersangka, mereka adalah warga Kolombia yang tergabung dalam kelompok-kelompok kriminal.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat