visitaaponce.com

Mohamed Muizzu Raih Kemenangan di Pemilihan Presiden Maladewa

Mohamed Muizzu Raih Kemenangan di Pemilihan Presiden Maladewa
Kemenangan Mohamed Muizzu dalam pemilihan Presiden Maladewa dikhawatirkan memperburuk hubungan dengan India.(AFP)

MOHAMED Muizzu berhasil memenangkan pemilihan presiden di Maladewa pada Sabtu (30/9). Ini menjadi sebuah hasil yang dapat memperburuk hubungan kepulauan ini dengan negara donornya, India.

Muizzu, 45, memimpin partai yang cenderung dekat dengan Tiongkok. Ia meraih 54,06% suara dalam pemilu putaran kedua, yang mendorong petahana Ibrahim Mohamed Solih mengakui kekalahannya.

“Selamat kepada presiden terpilih Muizzu. Saya juga mengucapkan selamat kepada masyarakat yang telah menunjukkan proses damai dan demokratis,” kata tulis Solih di X.

Baca juga: Pemilu Slovakia: Progressive Slovakia Unggul Menurut Exit Poll

Muizzu mendesak para pendukungnya agar tidak merayakannya sampai Minggu (1/10), pagi, ketika pembatasan kampanye secara resmi berakhir. Sementara Solih, 61, akan menjabat sebagai presiden sementara hingga penggantinya dilantik pada 17 November.

Hasil ini menghambat upaya Solih untuk mengembalikan sikap diplomatik negaranya kembali ke New Delhi sejak menjabat lima tahun lalu. Muizzu memainkan peran penting dalam program pembangunan pemerintah sebelumnya, yang sebagian didanai oleh sumbangan finansial dari inisiatif infrastruktur Belt and Road Tiongkok .

Baca juga: Tiga Orang Tewas dalam Bentrokan Antara Pendukung Partai Politik di Liberia

Dia mengatakan pada pertemuan dengan para pejabat Partai Komunis Tiongkok tahun lalu tentang kembali partainya ke jabatannya akan menciptakan babak selanjutnya dari hubungan yang kuat antara kedua negara.

Titik Panas Geopolitik

Maladewa terletak pada posisi yang sangat strategis di tengah Samudera Hindia, terletak di salah satu jalur pelayaran timur-barat tersibuk di dunia. Mentor Muizzu, mantan presiden Abdulla Yameen, meminjam banyak uang dari Tiongkok untuk proyek konstruksi dan menolak India.

Solih terpilih pada 2018 karena ketidakpuasannya terhadap pemerintahan Yameen yang semakin otokratis, dan menuduhnya mendorong negara tersebut ke dalam perangkap utang Tiongkok.

Peralihan Yameen ke Beijing juga membuat New Delhi khawatir, yang juga memiliki kekhawatiran yang sama dengan Amerika Serikat dan sekutunya mengenai meningkatnya ketegasan Tiongkok di Samudera Hindia.

India adalah anggota aliansi strategis Quad bersama Amerika Serikat, Australia, dan Jepang. Namun restorasi yang dilakukan Solih terhadap kondisi tradisional Maladewa terbukti kontroversial.

Pasalnya banyak pihak di kepulauan tersebut yang tidak menyetujui kekuatan politik dan ekonomi India yang sangat besar. Muizzu telah berjanji untuk membebaskan Yameen, yang saat ini menjalani hukuman 11 tahun penjara karena korupsi di penjara yang sama tempat dia memenjarakan banyak lawan politiknya selama masa jabatannya.

Dalam pidato singkatnya pada hari Sabtu, Muizzu mendesak presiden yang akan keluar untuk menggunakan kekuasaan eksekutifnya dan memindahkan Yameen ke tahanan rumah.

Jumlah pemilih yang berpartisipasi dalam pemilu hari Sabtu adalah 85 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan pemilu putaran pertama yang diadakan awal bulan ini.

Kelompok pengawas Transparansi Maladewa mengatakan ada beberapa insiden kekerasan pemilu, tanpa merinci lebih lanjut. Para pejabat mengatakan seorang pemilih membuka kotak suara plastik, namun surat suara tersebut berhasil diselamatkan dan tidak ada gangguan pada penghitungan suara.

Polisi melaporkan menangkap 14 orang, sebagian besar karena mengambil foto surat suara mereka yang sudah ditandai dan membagikannya di media sosial. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat