visitaaponce.com

40 Hari Kematiannya, Bos Wagner Prigozhin Dianggap Pahlawan

40 Hari Kematiannya, Bos Wagner Prigozhin Dianggap Pahlawan
Memperingati 40 hari kematiannya, Yevgeny Prigozhin diangagp sebagai pahlawan rakyat.(AFP)

PULUHAN warga Rusia, mulai dari keluarga hingga mantan pejuang mengadakan upacara peringatan untuk pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin. Dalam peringatan 40 hari kematiannya, mereka memuji Prigozhin sebagai pahlawan rakyat.

Prigozhin tewas ketika jet pribadinya jatuh dalam perjalanan dari Moskow ke St Peterburg pada 23 Agustus. Peristiwa itu terjadi dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan di Moskow.

Dua komandan tinggi Wagner lainnya, empat pengawal Prigozhin, dan tiga kru pesawat juga tewas dalam kecelakaan yang belum diketahui penyebabnya.

Baca juga: Putin Klaim Penduduk di Empat Wilayah Ukraina Pilih Rusia

Di kuburan pria berusia 62 tahun di St Petersburg, ibunya, Violetta, dan putranya, Pavel, meletakkan bunga. Para pendukung mengibarkan bendera hitam Wagner yang memiliki gambar tengkorak dan moto "Darah, Kehormatan, Tanah Air, Keberanian".

Dalam gereja Ortodoks Timur, diyakini jiwa menjalani perjalanan terakhirnya menuju surga atau neraka pada hari ke-40 setelah kematian. Peringatan juga berlangsung di Moskow dan kota-kota Rusia lainnya dengan puluhan pejuang Wagner dan warga Rusia biasa yang memberikan penghormatan mereka. Tidak ada liputan di televisi negara Rusia atau penghormatan resmi.

Baca juga: Masa Depan Bantuan AS untuk Ukraina dalam Ketidakpastian

Pejuang Wagner telah memainkan peran kunci dalam pertempuran di Ukraina, membantu Rusia merebut kota timur Bakhmut pada Mei setelah berbulan-bulan pertempuran sengit. Wagner, yang pasukannya dipindahkan ke kamp di Belarus sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan, juga aktif di beberapa negara Afrika.

"Ia dapat dikritik atas beberapa peristiwa, tetapi ia adalah seorang patriot yang membela kepentingan tanah airnya di benua-benua yang berbeda," kata armada perekrutan Wagner tentang Prigozhin dalam sebuah pernyataan di Telegram.

"Ia karismatik dan yang terpenting ia dekat dengan pejuang dan dengan rakyat. Itulah mengapa ia menjadi populer baik di Rusia maupun di luar negeri."

Pemberontakan Prigozhin, yang mengikuti berbulan-bulan video kasar yang menghina pejabat militer puncak Rusia, mungkin merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin sejak mantan mata-mata KGB itu naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999.

Pasukan Wagner menguasai kota selatan Rostov, menembak jatuh beberapa pesawat Rusia, dan maju menuju Moskow sebelum berbalik kembali 200 km (125 mil) dari ibu kota setelah ada kesepakatan yang disebut-sebut yang dimediasi oleh Presiden Belarus Alexander Lukashenko.

Para pemakai berbicara tentang penghormatan mereka terhadap Prigozhin, yang mengenal Putin saat menjalankan bisnis restoran di St Petersburg pada tahun 1990-an. Ia kemudian memenangkan kontrak-kontrak penyediaan makanan negara yang menguntungkan sehingga ia dijuluki "koki Putin" dan memperluas usahanya ke media serta "pabrik troll" internet yang terkenal yang membuatnya dituntut di Amerika Serikat karena campur tangan dalam pemilihan presiden 2016.

Wagner membawanya lebih dalam ke sorotan dengan kelompok tentara bayaran ini yang mendapat reputasi kejam dan kejam.

"Ia adalah otoritas sejati, seorang pemimpin," kata Mikhail, seorang tentara angkatan bersenjata Rusia.

Marta, penduduk Moskow, mengatakan rakyat percaya pada Prigozhin. Tetapi Wagner telah "dicaplok" oleh kematian dirinya dan sesama pendiri Dmitry Utkin, seorang mantan anggota pasukan khusus dan pemuja Nazi.

Prigozhin juga seharusnya pindah ke Belarus sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan. Rusia tampaknya akan terus menggunakan unit-unit Wagner meskipun adanya kekacauan baru-baru ini.

Pada Jumat, Kremlin mengatakan Putin telah memberi tahu salah satu komandan puncak Wagner, Andrei Troshev, bahwa ia harus "mengurus pembentukan unit sukarelawan yang dapat melaksanakan berbagai tugas tempur, terutama di zona operasi militer khusus" - istilah yang digunakan Moskow untuk perangnya di Ukraina. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat