visitaaponce.com

Putin Klaim Penduduk di Empat Wilayah Ukraina Pilih Rusia

Putin Klaim Penduduk di Empat Wilayah Ukraina Pilih Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin(AFP/Vladimir ASTAPKOVICH)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan penduduk empat wilayah Ukraina, Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia, menyatakan sumpah setia sebagai bagian dari Rusia. Hal itu terungkap dalam pemilihan lokal baru-baru ini.

Hal itu sekaligus itu menegaskan kembali referendum tahun lalu yang dikecam negara-negara Barat sebagai tindakan ilegal. Putin mengatakan pilihan untuk bergabung dengan Rusia diperkuat pemilu lokal pada bulan ini.

“Sama seperti setahun yang lalu dalam referendum bersejarah, masyarakat kembali menyatakan dan menegaskan keinginan mereka untuk bersama Rusia dan mendukung rekan senegaranya yang, melalui kerja keras dan tindakan nyata, terbukti layak mendapatkan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Baca juga: NATO Beri Ukraina Rp39 Triliun untuk Beli Amunisi

Putin menegaskan kembali pendiriannya bahwa invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 menyelamatkan masyarakat dari para pemimpin nasionalis di Kyiv yang telah melancarkan perang saudara skala penuh dan teror terhadap mereka yang berpikiran berbeda.

Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia secara resmi dimasukan ke dalam Rusia setelah referendum, yang menurut Moskow, menghasilkan dukungan mayoritas. 

Negara-negara Barat menganggap hasil tersebut sebagai aneksasi yang tidak berarti dan ilegal, yang didukung pemaksaan massal terhadap pemilih.

Baca juga: Ratusan Prajurit Grup Wagner Kembali ke Ukraina

Pasukan Rusia tidak menguasai wilayah mana pun secara penuh. Pasukan Ukraina, dibantu senjata Barat, bertahan dari upaya awal Rusia untuk menyerang Kyiv dan perang beralih ke wilayah yang dikuasai Rusia di timur dan selatan.

Pasukan Ukraina, Juni lalu, melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah tersebut. (CNA/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat