visitaaponce.com

NATO Beri Ukraina Rp39 Triliun untuk Beli Amunisi

NATO Beri Ukraina Rp39 Triliun untuk Beli Amunisi
Misil milik pasukan Rusia(AFP)

NATO mengumumkan telah menandatangani skema kontrak senilai 2,4 miliar euro atau sekitar Rp39,3 triliun untuk menyokong penyediaan amunisi utama guna mendukung Ukraina dalam konflik melawan Rusia.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan artileri 1,55mm, peluru kendali anti-tank serta amunisi tank tempur utama. Ia menekankan bahwa NATO akan terus memberi dukungan kepada Ukraina.

"Selagi kami bekerja sama mempersiapkan anda menghadapi masa depan itu, NATO mendukung Ukraina selama dibutuhkan," ujar Stoltenberg usai bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Baca juga: Ratusan Prajurit Grup Wagner Kembali ke Ukraina

Stoltenberg juga menjelaskan bahwa perang di Ukraina harus berakhir dengan kemenangan di sisi Kiev. Menurutnya, dengan kondisi sekarang, perdamaian tidak akan bisa dicapai.

"Perdamaian, dengan konsekuensi seperti ini, sama sekali bukan perdamaian," tegasnya.

Baca juga: AS Jadikan Ukraina Laboratorium Pengembangan Persenjataan

Ketika disinggung soal rudal Rusia yang diduga jatuh di dekat perbatasan Ukraina dengan negara anggota NATO, Rumania, Stoltenberg mengungkap sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa serangan itu ditujukan kepada Rumania.

Namun, ia tetap mengecam insiden tersebut dan menyebutnya sembrono karena telah mengganggu stabilitas kawasan.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy berterima kasih kepada Stoltenberg atas dukungannya. Dia mengatakan itu sangat penting di tengah desakan sejumlah pihak yang meminta berbagai bantuan untuk Ukraina dihentikan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat