visitaaponce.com

AS Jadikan Ukraina Laboratorium Pengembangan Persenjataan

AS Jadikan Ukraina Laboratorium Pengembangan Persenjataan
Ukraina dijadikan laboratorium inovasi militer Amerika Serikat.(AFP)

KEMENTERIAN Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon menyebutkan Ukraina menjadi laboratorium inovasi militer. Wawasan peperangan berharga yang datang dari Ukraina sama pentingnya dengan data yang dikumpulkan militer AS selama perang di Afghanistan dan Irak.

“Konflik ini memberikan wawasan militer yang berharga, seperti yang pernah terjadi di Afghanistan atau Irak. Ukraina telah menjadi laboratorium inovasi militer sejati, khususnya di bidang AI (Artificial Intelligence) dan drone,” kata Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Strategi, Rencana, dan Kemampuan, Mara Karlin, seperti dikutip dari RT, Jumat (22/9).

Menurutnya, wawasan peperangan berharga yang datang dari Ukraina sama pentingnya dengan data yang dikumpulkan oleh militer AS selama perang di Afghanistan dan Irak.

Baca juga: Zelensky Dapat Dukungan Tanpa Henti dari AS

“Ada hal-hal yang tidak akan Anda pelajari dalam suatu konflik, katakanlah melalui permainan perang atau latihan di atas meja, dan ada hal-hal lain yang pasti akan dipelajari ketika ada perang,” jelas Karlin.

Dia mengingat kembali seberapa banyak inovasi yang dilakukan terjadi ketika pasukan AS berada di Irak dan Afghanistan. AS juga mengingat bagaimana mereka mampu melakukan hal-hal tertentu, menempatkannya di medan perang, mencari cara untuk melakukan perubahan tertentu dan menerapkannya.

Baca juga: Rusia Bombardir Ukraina, Balas Pidato Zelensky di Markas PBB

Melihat Ukraina sebagai laboratorium militer adalah sesuatu yang diungkapkan tidak hanya oleh para pendukung Kyiv di luar negeri, namun juga oleh para pemimpin negara tersebut. Misalnya, konflik antara Rusia dan Ukraina telah diiklankan sebagai peluang bagi para pembuat senjata Barat oleh mantan Menteri Pertahanan Aleksey Reznikov.

Pendukung Kyiv di Barat dan raksasa industri pertahanan mereka benar-benar dapat melihat sejauh mana senjata mereka berfungsi. "Seberapa efisien cara kerjanya, dan apakah senjata tersebut perlu ditingkatkan,” kata Reznikov.

Bagi industri militer dunia tidak dapat menemukan tempat pengujian yang lebih baik daripada di medan perang. (Russia Today/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat