visitaaponce.com

Rusia Bombardir Ukraina, Balas Pidato Zelensky di Markas PBB

Rusia Bombardir Ukraina, Balas Pidato Zelensky di Markas PBB
Puing mobil yang hangus terbakar di Kyiv, Ukraina, korban serangan membabibuta rudal Rusia pada Kamis (21/9).(AFP/Sergei Supinsky)

SETELAH pidato berapi-api Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di markas PBB, Rusia melancarkan serangan rudal terbesarnya ke Ukraina, Kamis (21/9).
 
Serangan juga dilakukan saat Presiden Zelensky dijadwalkan mengunjungi Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden. Pemeritnahan Biden berupaya menggalang dukungan di Kongres untuk tambahan dana sebesar US$24 miliar atau sekitar Rp368,9 triliun.

Dana itu nantinya jika disetujui akan digunakan untuk bantuan militer dan kemanusiaan Ukraina.

Baca juga : Zelensky Melawat ke Washington, Berburu Bantuan Senjata

Menurut Gedung Putih, kunjungan Zelensky terjadi pada saat yang “kritis”, ketika Ukraina berjuang untuk menerobos garis depan Rusia dalam serangan balasan yang dilakukan di selatan dan timur, sebelum awal musim dingin membuat pertempuran terhenti.
 
Beberapa jam setelah Zelensky menyebut invasi Moskow sebagai ‘penjahat’ dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB, Rusia menyerang setidaknya lima kota dengan rudal.
 
Baca juga : Zelensky Minta Dunia Menentang Genosida Rusia


“Serangan di Kherson menyebabkan dua orang tewas, sementara serangan serupa melukai puluhan orang dan merusak fasilitas energi, yang menyebabkan pemadaman listrik sebagian di beberapa wilayah,” sebut laporan the New York Times, Kamis 21 September 2023.
 
Rusia menargetkan kota-kota di barat seperti Lviv, dekat perbatasan dengan Polandia, dan Kharkiv, kota yang dekat dengan garis depan timur Ukraina. Kota-kota ini diketahui memiliki sistem pertahanan udara yang kurang kuat dibandingkan Kyiv, ibu kotanya, di mana puing-puing dari rudal yang dicegat melukai sedikitnya tujuh orang.

 

36 rudal berhasil dilumpuhkan

Pihak berwenang Rusia dan media Ukraina melaporkan bahwa serangan udara besar-besaran Ukraina menargetkan semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.

Militer Ukraina mengatakan pihaknya mencegat 36 dari 43 rudal yang ditembakkan Rusia. Ukraina telah lama menyatakan bahwa mereka tidak dapat memenangkan perang tanpa menargetkan Krimea – yang merupakan pusat logistik penting bagi operasi militer Rusia di Ukraina selatan.
 
Kemajuan dalam serangan balasan Ukraina sejauh ini sangat melelahkan, dan Zelensky dengan tegas mengatakan bahwa Amerika Serikat, donor militer terbesarnya, tidak boleh menghentikan atau memperlambat bantuan.
 
Zelensky akan bertemu dengan anggota Kongres dan pejabat Pentagon sebelum kunjungannya ke Gedung Putih. Yang akan terjadi dalam perjalanannya ke Washington adalah pemilihan presiden Amerika, yang tinggal setahun lagi. Prospek pemerintahan Trump yang kedua, dan komitmen yang kurang antusias untuk membantu Ukraina, menjadi kekhawatiran para pemimpin di Kyiv.
 
Sementara Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, tidak hadir pada pidato Zelensky di Dewan Keamanan PBB pada Rabu (20/9), untuk menghindari konfrontasi tingkat tinggi yang diperkirakan banyak diplomat.

Dalam pidatonya, Zelensky mengatakan seluruh dunia mempunyai kepentingan dalam membantu Ukraina mengalahkan Rusia, dan ia menyampaikan permohonannya untuk lebih banyak sekutu dan bantuan sebagai masalah keamanan – bahkan kelangsungan hidup – bagi banyak negara lain.
 
Pada saat Lavrov menyampaikan pidatonya, Zelensky telah meninggalkan majelis. Dalam pidatonya Lavrov membenarkan invasi Rusia dan mempertahankan hak veto dari negaranya.
 
Sebelum ia berangkat ke Washington, salah satu pertemuan terakhir Zelensky di New York adalah dengan Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva, yang memiliki hubungan tegang dengannya. Itu adalah pertemuan pertama mereka secara langsung. Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menggambarkan diskusi mereka sebagai “pemecah kebekuan” dan “hangat dan jujur.”
 
Meskipun Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengikuti seruan Zelensky dan para pemimpin dunia lainnya agar PBB mengambil posisi tegas melawan agresi Rusia, negaranya masih terjebak dalam meningkatnya ketegangan dengan Ukraina terkait impor gandum.

Tak berapa lama, Kementerian Luar Negeri Polandia memanggil Duta Besar Ukraina atas komentar Zelensky sebelumnya di Majelis Umum PBB yang menyatakan bahwa beberapa sekutu mempermainkan Rusia dengan mempolitisasi perselisihan tersebut. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat