visitaaponce.com

Zelensky Dapat Dukungan Tanpa Henti dari AS

Zelensky Dapat Dukungan Tanpa Henti dari AS
Presiden  Ukraina Volodmyr Zelensky mendapatkan janji dukungan tanpa henti dan senjata pertahanan udara dari Joe Biden.(AFP)

PRESIDEN Ukraina Volodmyr Zelensky mendapatkan janji dukungan tanpa henti dan senjata pertahanan udara dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Tetapi Zelensky memperingatkan Rusia masih bisa mengalahkan Kyiv jika anggota parlemen dari Partai Republik memotong bantuan militer AS.

Mengenakan kemeja gaya militer berwarna hijau zaitun yang menjadi ciri khasnya, Zelensky berkumpul dengan anggota Kongres sebelum berhenti di Pentagon dan Gedung Putih, di mana Biden menyambutnya dengan pengawal kehormatan.

“Kami sangat menghargai bantuan yang diberikan Amerika Serikat untuk memerangi teror Rusia, sungguh teror,” kata Zelensky kepada Biden di Ruang Oval, Gedung Putih, AS, Kamis (21/9).

Baca juga: Rusia Bombardir Ukraina, Balas Pidato Zelensky di Markas PBB

Duduk bersama Biden di bawah potret mantan presiden George Washington dan Abraham Lincoln dan membaca sambutan yang telah disiapkan dari kartu, Zelensky juga berterima kasih kepada Kongres atas dukungan yang sangat besar.

Sementara Biden memuji keberanian luar biasa rakyat Ukraina saat mereka melawan invasi Rusia. Dia menambahkan bahwa rakyat Amerika bertekad untuk memastikan akan melakukan semua yang bisa untuk memastikan dunia mendukung Ukraina.

Baca juga: Zelensky Minta PBB Cabut Hak Veto Rusia, Ini Jawaban Lavrov

“Kami mendukung perdamaian yang adil dan abadi, yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina,” kata Biden.

Namun pada kunjungannya yang kedua pada masa perang ke Washington, Zelensky menghadapi situasi politik yang jauh lebih rumit dibandingkan ketika ia disambut sebagai pahlawan pada Desember 2022.

Meskipun Gedung Putih mengumumkan akan memberinya kemampuan pertahanan udara yang signifikan, namun tidak ada kesepakatan untuk menyediakan rudal jarak jauh yang didambakan Zelensky.

Dan di Kongres, para pemimpin Partai Republik dan Demokrat terjebak dalam pertarungan belanja yang sengit yang dapat memicu penutupan pemerintahan AS, dan paket bantuan sebesar US$24 miliar untuk Ukraina terancam.

Kalah perang

Faksi sayap kanan yang mendominasi Partai Republik semakin bersikeras bahwa saluran bantuan harus dihentikan. Kongres telah menyetujui bantuan senilai US$100 miliar hingga saat ini, termasuk persenjataan senilai US$43 miliar.

Pemimpin Ukraina itu tiba tepat setelah gelombang serangan rudal Rusia lainnya. Serangan tersebut yang melanda kota-kota di seluruh negeri menewaskan sedikitnya tiga orang di Kherson dan melukai banyak orang di daerah lain.

Pemimpin Senat Partai Demokrat Chuck Schumer, yang merupakan pendukung utama kebijakan Biden yang pro-Ukraina mengatakan Zelensky telah mengatakan kepadanya jika Ukraina tidak mendapatkan bantuan AS maka akan kalah perang.

Sebagai bagian dari upayanya untuk memenangkan hati Washington, Zelensky pergi ke Pentagon dan meletakkan karangan bunga di sebuah peringatan bagi para korban serangan 11 September 2001.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan dia yakin akan ada dukungan bipartisan yang kuat untuk terus mendanai Ukraina. Meskipun demikian terdapat perpecahan politik yang mendalam di AS.

Namun yang menjadi pukulan bagi Zelensky, dia mengatakan Biden saat ini telah menolak permintaan rudal ATACMS jarak jauh yang dapat menyerang hingga jarak 300 kilometer. Di Capitol Hill, Zelensky mendapat sambutan yang sangat hati-hati dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Republik, Kevin McCarthy, yang mengalami kesulitan dalam menutup perselisihan internal partai mengenai pengeluaran AS di Ukraina.

Beberapa anggota Partai Republik mengatakan, dana tersebut sebaiknya digunakan untuk keamanan perbatasan AS. Sementara ada juga kekhawatiran mengenai kecepatan serangan balasan Kyiv dan korupsi di Ukraina berarti dana tersebut akan terbuang percuma.

Cukup sudah

Keraguan ini dipicu oleh pesan dari mantan presiden dan calon kandidat presiden 2024 Donald Trump, yang menentang pendanaan lebih besar dan sering menyatakan kekagumannya pada Vladimir Putin dari Rusia.

Tren ini juga menjangkau sebagian anggota Partai Republik yang umumnya lebih pro-Ukraina di Senat, di mana Senator Roger Marshall mengatakan Kongres tidak boleh mengirimkan cek kosong lagi ke Zelensky dan enam senator mengeluarkan surat bersama yang menyatakan cukup sudah cukup bantuan untuk Ukraina.

Awal pekan ini, Zelensky menghadiri pertemuan Sidang Majelis Umum PBB di New York di mana ia mendesak dunia untuk berdiri teguh bersama Ukraina melawan genosida yang dilakukan Rusia.

Peringatannya disampaikan sehari sebelum Polandia menyatakan tidak akan lagi mempersenjatai Ukraina dalam perselisihan mengenai ekspor gandum. Sementara Perdana Menteri Polandia mengatakan bantuannya kepada Ukraina telah disalahartikan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat