visitaaponce.com

Jon Fosse, Penulis dan Dramawan Norwegia Memenangkan Hadiah Nobel Sastra

Jon Fosse, Penulis dan Dramawan Norwegia Memenangkan Hadiah Nobel Sastra
Penulis dan dramawan dari Norwegia Jon Fosse(Ole Berg-Rusten / NTB / AFP)

Penulis dan dramawan dari Norwegia Jon Fosse dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Sastra tahun ini. Selain plakat, Fosse juga menerima 11 juta kronor Swedia atau sekitar Rp.15,9 miliar.

Dia keluar sebagai pemenang anugerah ini atas dua karyanya, drama dan prosa yang mengungkap hal-hal tabu. Fosse pun berhasil menyingkirkan empat nominee lain yakni Salman Rushdie, Can Xue, Margaret Atwood dan Haruki Murakami.

Pemenang penghargaan sebelumnya adalah Toni Morrison, Doris Lessing, Gabriel Garcia Marquez dan Bob Dylan. Hadiah Nobel, yang diberikan sejak 1901, mengakui pencapaian di bidang sastra, sains, perdamaian, dan terakhir ekonomi.

Baca juga: Peraih Nobel Kimia Pernah Dapat Nilai F Saat Kuliah

Hadiah sastra diberikan kepada orang yang telah menghasilkan karya paling menonjol di bidang ini secara ideal. Itu sesuai dengan keinginan pengusaha sekaligus pendiri penghargaan ini asal Swedia, Alfred Nobel pada 1895.

Tahun lalu, penghargaan tersebut dimenangkan oleh penulis Prancis Annie Ernaux yang mendedikasikan dirinya selama 50 tahun untuk mengeksplorasi kehidupan, kesenjangan gender, bahasa, dan kelas. (BBC/Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat