visitaaponce.com

Maskapai Batalkan Penerbangan ke Tel Aviv Akibat Konflik Hamas-Israel

Maskapai Batalkan Penerbangan ke Tel Aviv Akibat Konflik Hamas-Israel
Sejumlah maskapai membatalkan penerbangan mereka menuju Tel Aviv usai serangan Hamas.(AFP)

MASKAPAI besar membatalkan sejumlah penerbangan menuju Tel Aviv akhir pekan ini setelah kelompok militan Palestina, Hamas, melakukan serangan mendadak terhadap Israel. Maskapai seperti American Airlines, Air France, Lufthansa, Emirates, dan Ryanair termasuk dalam daftar yang membatalkan penerbangan ke Bandara Ben Gurion di Tel Aviv.

Namun, otoritas bandara tidak menghentikan koneksi udara komersial dengan Bandara Internasional kedua Israel di Eilat, yang merupakan tujuan wisata di Laut Merah.

Maskapai nasional Israel, El Al, mengumumkan akan tetap mengoperasikan penerbangan ke Tel Aviv untuk saat ini. El Al menyatakan bahwa mereka mengikuti instruksi dari pasukan keamanan Israel, dengan semua penerbangan sekarang berangkat hanya dari Terminal Tiga di Ben Gurion.

Seperti halnya dengan maskapai lainnya, mereka juga memungkinkan pelanggan untuk mengubah tiket mereka tanpa biaya tambahan.

Kementerian Luar Negeri Yunani mengumumkan sedang bekerja untuk memulangkan 149 wisatawan Yunani dari Israel. Di mana 81 dari mereka dijadwalkan tiba kembali pada malam Minggu dengan penerbangan El Al.

Setelah sejumlah maskapai besar membatalkan penerbangan pada hari Sabtu, operator bandara AENA di Spanyol menginformasikan bahwa empat dari sembilan penerbangan yang dijadwalkan ke Tel Aviv pada Minggu telah dibatalkan, dua di antaranya dari Madrid dan dua dari Barcelona. Sementara sembilan penerbangan lainnya, dari Tel Aviv menuju bandara di Spanyol, belum terpengaruh, demikian informasi dari operator tersebut.

Maskapai Air Europa Spanyol menyatakan bahwa mereka telah membatalkan dua penerbangan yang dijadwalkan antara Madrid dan Tel Aviv, sementara Iberia Express, anak perusahaan maskapai nasional Iberia, memutuskan untuk melanjutkan penerbangan Madrid-Tel Aviv setelah menangguhkan dua penerbangan pada hari Sabtu.

Vueling, maskapai berbiaya rendah berbasis di Barcelona, mengumumkan penerbangan menuju/dari Tel Aviv dipengaruhi dan mengalami keterlambatan mengingat situasi di Israel.

Juru bicara Lufthansa Jerman mengacu pada situasi keamanan saat ini saat mengumumkan pembatalan seluruh penerbangan menuju dan dari Tel Aviv hingga hari Senin.

Air France mengumumkan menghentikan sementara penerbangan menuju Tel Aviv sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Maskapai berbiaya rendah Transavia, yang merupakan bagian dari grup Air France-KLM membatalkan semua penerbangan dari Paris dan Lyon menuju Tel Aviv hingga hari Senin.

Maskapai penerbangan Italia, ITA Airways juga membatalkan penerbangan mereka hingga Minggu pagi untuk melindungi keselamatan penumpang dan awak pesawat. Sementara maskapai Polandia LOT membatalkan penerbangan dari ibu kota Polandia.

Maskapai berbasis di AS, United Airlines, menginformasikan penerbangan menuju Tel Aviv akan tetap ditangguhkan sampai kondisi memungkinkan untuk melanjutkan.

Mereka juga mencatat telah melaksanakan dua penerbangan terjadwal dari Tel Aviv pada Sabtu malam dan Minggu pagi serta mengakomodasi pelanggan, awak pesawat, dan pekerja yang berada di bandara.

Beberapa maskapai lainnya yang juga menghentikan penerbangan termasuk Aegean, Swiss, Austrian Airlines, Wizz Air, dan Air Canada. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat