visitaaponce.com

AS Tuding Putin Ambil Keuntungan dari Perang Israel-Hamas

AS Tuding Putin Ambil Keuntungan dari Perang Israel-Hamas
Presiden Rusia Vladimir Putin(AFP/Gavriil GRIGOROV)

AMERIKA Serikat (AS), Selasa (31/10), menuding Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil keutungan dari Perang Israel-Hamas untuk memangkas dukungan Barat terhadap Ukraina, yang menurut Washington harus terus didukung agar tidak jatuh ke tangan Moskow.

Militan Hamas melancarkan serangan ke wilayah Palestina, awal bulan ini, dan menewaskan sekitar 1.400 orang. Serangan itu memicu AS mengirimkan bantuan militer ke Israel yang menyebabkan ketakutan di Kiev bahwa Washington akan menarik diri dari menahan invasi Rusia.

"Putin berusaha keras mengambil keuntungan dari serangan Hamas ke Israel yang mengalihkan perhatian kita," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken kepada Senat.

Baca juga: Putin Tuding Negara Barat dan Ukraina Berada di Balik Kerusuhan di Bandara Dagestan

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, dalam pertemuan yang sama, mengatakan Putin akan sukses merebut wilayah Ukraina jika AS berhenti mendukung Kiev.

"Saya bisa menjamin jika tanpa dukungan kita, Putin akan sukses. Jika kita menarik diri dari Ukraina, Putin akan menjadi semakin kuat dan dia akan sukses merebut wilayah negara tetangganya itu," tegas Ausin.

AS merupakan donor militer terbesar Ukraina, menggelontorkan dana sebesar US$43,9 miliar sejak Rusia menginvasi negara tetangganya itu pada Februari 2022

Baca juga: Lagi, Biden Minta Dana Perang US$106 Miliar untuk Ukraina dan Israel

Namun, kini, anggota DPR AS berusaha menghentikan bantuan AS ke Ukraina. Washington pun hanya bisa memggelontorkan dana yang telah disetujui sebelumnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat