visitaaponce.com

Menag Diminta Menggalang Solidaritas Umat untuk Bantu Palestina

Menag Diminta Menggalang Solidaritas Umat untuk Bantu Palestina
Presiden Jokowi minta Menag galang dukungan umat bantu Palestina(Antara)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menuturkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta dirinya menggalang solidaritas umat untuk membantu rakyat Palestina. Saat ini, tengah berlangsung tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina akibat serangan bertubi-tubi Israel di wilayah tersebut.

Indonesia, terang Menag, ingin agar keprihatinan terhadap rakyat Palestina terus disuarakan.

"Pemerintah ini berada di pihak Palestine. Tadi perintah presiden itu untuk selalu disampaikan kepada publik dan kami supaya mencari apa ya alternatif yang bisa kita bantukan untuk saudara-saudara kita di Palestina," terang Menag seusai menghadap presiden di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/11).

Presiden, terang Menag, menginginkan agar ada hal konkret yang perlu dilakukan Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah mengirimkan bantuan ke Palestina.

Baca juga: Kemenkes Kirim Bantuan 7 Ton Alat Kesehatan ke Palestina

Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu, (4/11). Bantuan seberat 51,5 ton itu akan dibawa dengan menggunakan tiga pesawat tersebut berisi sejumlah barang-barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat di Gaza.

"Kementerian Agama diminta untuk mencari alternatif menggalang solidaritas dengan umat," terang Menag.

Baca juga: Anies Minta Indonesia Terus Suarakan Kemerdekaan Palestina

Menag menyampaikan ia akan melakukan pertemuan dengan para menteri agama dari negara lain di Singapura. Pertemuan itu akan digelar 15 November 2023. Adapun salah satu isu yang akan dibahas, ujarnya, adalah masalah kemanusiaan di Palestina.

Minggu (5/11), di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, berbagai elemen masyarakat termasuk tokoh politik berkumpul menyuarakan aksi damai untuk Palestina. Para peserta aksi meminta agar peperangan di Gaza segera dihentikan.

(Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat