visitaaponce.com

Kemenkes Kirim Bantuan 7 Ton Alat Kesehatan ke Palestina

Kemenkes Kirim Bantuan 7 Ton Alat Kesehatan ke Palestina
Presiden Joko Widodo menempelkan stiker pada barang bantuan untuk Palestina.(Antara)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa peralatan kesehatan seberat tujuh ton kepada warga Palestina. Bantuan tersebut termasuk ke dalam penyaluran 26,5 ton bantuan pemerintah yang dikirimkan melalui pesawat komersial Airbus A330-900 dari Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, Minggu (05/11) malam.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Sumarjaya mengatakan bantuan yang diberikan meliputi obat-obatan, emergency kit untuk kebutuhan bedah minor dan makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak berusia di bawah lima tahun (balita). Selain peralatan medis, Kemenkes juga mengirimkan alat penjernih air minum.

"Bantuan Kemenkes dalam hal ini untuk kloter pertama akan mengirimkan tujuh ton, yang meliputi air bersih, penyulingan air bersih, kemudian ada obat-obatan dasar, seperti ISPA, penyakit kulit, diare dan sebagainya," ujar Sumarjaya di Jakarta, Senin (6/11).

Baca juga: Polri Kirim Sembilan Personel Bersama Delegasi Indonesia ke Jalur Gaza

Ia mengatakan pihaknya akan kembali mendistribusikan bantuan kloter kedua yang akan fokus pada peralatan rumah sakit. "Nanti untuk alat-alat medis yang untuk rumah sakit kita berangkatkan di kloter kedua," imbuhnya.

Adapun, bantuan tahap pertama ini dikirim menuju Bandara Udara Militer milik Mesir dengan waktu ketibaan sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Dari Mesir, bantuan akan dikirimkan ke Gaza, Palestina. (Ant/Z-11)

Baca juga: Anies Minta Indonesia Terus Suarakan Kemerdekaan Palestina

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat