visitaaponce.com

Kehabisan Solar, RS Indonesia di Gaza Berhenti Beroperasi Hari Ini

Kehabisan Solar, RS Indonesia di Gaza Berhenti Beroperasi Hari Ini
Kondisi RS Indonesia di Gaza sebelum ada serangan Israel.(AFP)

Direktur Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Atef al-Kahlout, menyatakan bahwa rumah sakit tersebut akan berhenti beroperasi secara total karena kehabisan bahan bakar. Ia mengatakan solar yang tersisa hanya tingga 1.100 liter dan itu hanya cukup untuk menjalankan rumah sakit selama satu hari ke depan.

"Hari ini, Kamis tanggal 9 November 2023, solar untuk RS Indonesia tersisa 1.100 liter dan ini hanya cukup untuk satu hari saja. Kami akan berhenti beroperasi total besok jika tidak ada solar untuk menghidupkan generator sebagai sumber listrik," kata Al-Kahlout pada akun lembaga kemanusiaan MER-C Indonesia di platform X, Kamis.

Sebelumnya, relawan MER-C yang berada di RS Indonesia, Fikri Rofiul Haq, pada Rabu (8/11) mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan belum bisa masuk ke wilayah utara Gaza di mana RS Indonesia berada.

Baca juga: Jokowi akan Perjuangkan Nasib Palestina di OKI dan AS

"Memang ada beberapa truk yang diizinkan masuk ke Jalur Gaza, tapi bantuan dari beberapa truk itu belum bisa dibagikan secara merata," tutur Fikri.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan yang masuk dari pintu perbatasan Rafah di Gaza bagian selatan belum sampai ke RS Indonesia yang berada di Gaza utara. Pasalnya, jalur Gaza tengah masih terus dibombardir Israel.

Baca juga: Gaza di Ambang Bencana Kelaparan

"Mereka memisahkan Gaza selatan dengan utara," jelasnya.

Saat ini, Fikri menambahkan, pintu perbatasan di Rafah sudah kembali ditutup. Itu membuat pergerakan warga dan bantuan kemanusiaan kembali tertahan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat