visitaaponce.com

Blinken Menyatakan Negara-Negara Asia Sebaiknya Bebas Memilih Mitra

Blinken Menyatakan Negara-Negara Asia Sebaiknya Bebas Memilih Mitra
Menlu AS Antony Blinke mengajak negara-negara Pantai Pasifik leluasa memilih mitra mereka, sebagai bentuk kritik terhadap Tiongkok.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengajakan kepada negara-negara di sepanjang Pantai Pasifik agar leluasa memilih mitra mereka sendiri. Ajakan itu dalam kritik tersirat terhadap Tiongkok menjelang pertemuan puncak presidensial.

Blinken, yang berbicara kepada para menteri dari 21 anggota forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco, mengutip pernyataan kelompok tersebut pada 2020 yang menyerukan adanya komunitas Asia-Pasifik yang terbuka, dinamis, tangguh, dan damai.

"Amerika Serikat mendukung visi tersebut - suatu wilayah di mana ekonomi bebas untuk memilih jalannya sendiri dan mitra mereka sendiri, di mana masalah ditangani secara terbuka, aturan dihasilkan secara transparan dan diterapkan dengan adil, dan di mana barang, ide, dan orang mengalir dengan hukum dan bebas," katanya.

Baca juga: Biden Bersiap Menyambut Sekutu Asia dan Bertemu dengan Xi di San Francisco

Amerika Serikat telah menuduh Tiongkok menggunakan tekanan ekonomi dan tindakan tegas di laut untuk memaksa negara-negara yang memiliki sengketa dengan Beijing.

Tiongkok sebagai responsnya telah mengkritik peran AS di Asia, khususnya aliansi militer, dengan argumen secara historis Beijing merupakan pemain dominan.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Biden, Bahas Baterai Mobil Listrik hingga Konflik Palestina-Israel

Meskipun terdapat sejumlah ketegangan, Presiden AS Joe Biden akan bertemu pada hari Rabu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela sidang APEC.

Kedua negara tersebut telah menyuarakan harapan, dengan cara yang berbeda, untuk membawa lebih banyak stabilitas ke dalam hubungan yang tegang antara dua ekonomi terbesar di dunia. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat