visitaaponce.com

Menlu AS Antony Blinken Beberapa Amandemen dari Hamas Tidak Dapat Dilaksanakan

Menlu AS Antony Blinken: Beberapa Amandemen dari Hamas Tidak Dapat Dilaksanakan
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menyatakan beberapa amandemen yang diusulkan oleh Hamas terhadap proposal gencatan senjata AS(X/@SecBlinken)

MENTERI Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan beberapa amandemen yang diusulkan Hamas terhadap proposal gencatan senjata di Gaza dari Amerika Serikat tidak "dapat dilaksanakan", namun upaya untuk mencapai kesepakatan terus berlanjut.

Berbicara dari Doha bersama Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, Rabu, Blinken mengatakan perang Israel di Gaza akan terus berlanjut "sebagai hasil" dari tanggapan Hamas.

"Hamas telah mengusulkan banyak perubahan pada proposal yang ada di meja. Kami membahas perubahan tersebut tadi malam dengan rekan-rekan Mesir, dan hari ini dengan perdana menteri," kata Blinken. "Beberapa perubahan dapat dilaksanakan. Beberapa tidak."

Baca juga : Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Kembali ke Timur Tengah 

Washington telah menyajikan rencana tersebut akhir bulan lalu, dengan mengatakan  itu akan menghasilkan gencatan senjata "yang langgeng" di Gaza.

Hamas mengajukan tanggapannya bersama dengan Jihad Islam Palestina pada hari Selasa, menggambarkannya sebagai "bertanggung jawab" dan "positif".

"Tanggapan ini memprioritaskan kepentingan rakyat Palestina kami, kebutuhan untuk sepenuhnya menghentikan agresi yang sedang berlangsung di Gaza, dan penarikan [pasukan Israel] dari seluruh Jalur Gaza," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Antony Blinken : Sulit, Tapi Gencatan Senjata Mungkin Terjadi

Ketika Presiden AS Joe Biden mengumumkan proposal multi-tahap pada 31 Mei, dia mengatakan itu akan mencakup penarikan pasukan Israel dari Gaza dan penghentian permusuhan secara permanen.

Perbedaan antara posisi Hamas dan proposal AS tidak jelas. Pada hari Selasa, Blinken dengan tegas menyalahkan kelompok Palestina tersebut atas kegagalan mencapai kesepakatan.

"Sebuah kesepakatan ada di meja yang hampir identik dengan proposal yang diajukan Hamas pada 6 Mei – sebuah kesepakatan yang didukung seluruh dunia, sebuah kesepakatan yang telah diterima Israel. Hamas bisa saja menjawab dengan satu kata: Ya," kata Blinken.

Baca juga : Netanyahu Tolak Gencatan Senjata 135 Hari di Gaza, Malah Perluas Agresi ke Rafah

"Sebaliknya, Hamas menunggu hampir dua minggu dan kemudian mengusulkan lebih banyak perubahan, beberapa di antaranya melampaui posisi yang sebelumnya mereka ambil dan terima."

Hamas menanggapi Blinken

Pejabat Hamas, Taher Al-Nunu, menuduh Blinken tidak netral, mengatakan diplomat tinggi AS tersebut bertindak seperti menteri luar negeri Israel sejak awal perang.

Baca juga : Masuki Bulan Kelima, Hamas Pertimbangkan Gencatan Senjata

"Dia tidak netral. Dia tidak adil. Dia beroperasi dengan standar ganda. Dia mencoba menggambarkan perlawanan [Palestina] seolah-olah itu adalah pihak yang menghalangi kesepakatan," kata Al-Nunu kepada Al Jazeera Mubasher pada hari Rabu.

Dia mengatakan Hamas menerima proposal yang disajikan Qatar dan Mesir pada 6 Mei apa adanya, dan Israel yang menambahkan amandemen. Tanggapan Hamas, Selasa, adalah revisi balik terhadap beberapa perubahan Israel, kata Al-Nunu.

Menurut Al-Nunu, catatan Hamas bertujuan untuk memastikan Israel tidak mengingkari kesepakatan dan melanjutkan perang setelah fase pertama, yang akan melihat pembebasan beberapa tahanan mereka di Gaza.

Ditanya apakah Hamas akan fleksibel terhadap tuntutan yang dilabeli "tidak dapat dilaksanakan" oleh Blinken, Al-Nunu mengatakan itu adalah "normal" bagi pihak yang bernegosiasi untuk menerima atau menolak amandemen terhadap proposal.

Dalam konferensi persnya bersama Blinken, Sheikh Mohammed dari Qatar mengatakan pembicaraan untuk menjembatani kesenjangan antara pihak-pihak yang terlibat akan terus berlanjut.

"Ini bukan upaya baru atau dinamika untuk negosiasi. Selalu ada ruang dan 'tawar-menawar'. Setelah semua, ini adalah negosiasi untuk mencapai kesepakatan. Tidak ada jawaban mutlak – ya atau tidak," katanya.

'Perdamaian yang berkelanjutan'

Perdana Menteri Qatar menyerukan solusi "berkelanjutan" untuk konflik Israel-Palestina yang akan melihat pembentukan negara Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Blinken juga menekankan perlunya perdamaian yang "tahan lama" dan membangun Timur Tengah yang "lebih terintegrasi, lebih stabil, dan lebih makmur".

"Selama kunjungan kedelapan saya ke wilayah ini sejak 7 Oktober, setiap orang yang saya ajak bicara telah menyatakan dengan jelas bahwa ini adalah jalur yang ingin mereka tempuh," kata diplomat tinggi AS tersebut.

"Sekarang, saya tidak bisa berbicara untuk Hamas atau menjawab untuk Hamas. Dan pada akhirnya, itu mungkin bukan jalur yang ingin ditempuh oleh Hamas, tetapi Hamas tidak bisa dan tidak akan diizinkan untuk memutuskan masa depan wilayah ini dan rakyatnya."

Pemerintahan Biden dan negara-negara Arab telah menyerukan solusi dua negara untuk konflik tersebut, tetapi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara tegas menolak pembentukan negara Palestina.

"Saya tidak akan berkompromi pada kendali keamanan penuh Israel atas seluruh wilayah di barat Yordania – dan ini bertentangan dengan negara Palestina," kata Netanyahu dalam sebuah posting di media sosial pada bulan Januari.

Washington, yang sebelumnya memveto tiga resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan menuntut gencatan senjata di Gaza, menyediakan $3,8 miliar dalam bantuan militer kepada Israel setiap tahun.

Awal tahun ini, Biden menandatangani bantuan tambahan senilai $14 miliar untuk Israel saat mereka mengejar apa yang disebutnya "kemenangan total" melawan Hamas.

Sementara itu, pemerintahan Biden telah menekan pemerintah Netanyahu untuk menyajikan rencana untuk Gaza pasca perang.

Pada hari Rabu, Blinken mengatakan AS akan segera menyajikan visinya sendiri untuk Gaza setelah konflik.

"Dalam beberapa minggu mendatang, kami akan mengajukan proposal untuk elemen kunci dari rencana hari-setelah, termasuk ide-ide konkret untuk bagaimana mengelola pemerintahan, keamanan, [dan] rekonstruksi," katanya. "Rencana itu kunci untuk mengubah gencatan senjata menjadi akhir konflik yang langgeng." (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat