visitaaponce.com

Puluhan Ribu Warga Maroko Gelar Demonstrasi Pro-Palestina

Puluhan Ribu Warga Maroko Gelar Demonstrasi Pro-Palestina
Demonstrasi pro-Palestina di Casablanca, Maroko(AFP)

PULUHAN ribu warga Maroko, Minggu (26/11), menggelar aksi demonstrasi di pusat komersial negara itu, Casablanca, menuntut gencatan senjata permanen d Jalur Gaza dan pemutusan hubungan diplomatis dengan Israel.

Pemulihan hubungan diplomasi antara negara Afrika Utara itu dan Israel terjadi pada 2020 namun hubungan itu memburuk seiring konflik di kawasan Palestina.

Maroko, Uni Emirat Arab, dan Bahrain membuka hubungan diplomatik dengan Israel berdasarkan Kesepakatan Abraham pada 2020, yang dinegosiasikan oleh Amerika Serikat (AS) di bawah pimpinan mantan Presiden Donald Trump.

Baca juga: Baznas Gandeng Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir Salurkan Bantuan Bagi Palestina

Demonstran di Casablanca mengibarkan bendera Palestina dan menuntut Rabat untuk membekukan hubungan dengan Israel.

"Kita tidak butuh gencatan senjata sementara namun permanen sehingga tercipta perdamaian untuk pembentukan negara Palestina dengan ibu kotanya di Jerusalem," ujar anggota parlemen Maroko dari Partai Sosialis Nabila Mounib.

Dia berharap melihat semua yang terasing karena konflik Palestina kembali ke wilayah mereka dan semua tahanan Palestina dibebaskan.

Baca juga: Qatar Sebut 39 Warga Palestina akan Dibebaskan dari Penjara Israel 

Hassan Bahadou dari aliansi antinormalisasi yang memimpin aksi demonstrasi di Casblanca, mengatakan, "Kami juga mengecam bungkamnya rezim Arab atas ulah kelompok Zionis."

Demonstrasi pro-Palestina menurun aktivitasnya di Maroko selama beberapa tahun terakhir namun kembali meningkat sejak konflik di Jalur Gaza meletus. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat